Inilah fenomena Astronomi yang terjadi sepanjang pekan pertama Oktober 2021

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10:44 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah fenomena Astronomi yang terjadi sepanjang pekan pertama Oktober 2021

ILUSTRASI. Inilah fenomena Astronomi sepanjang pekan pertama Oktober 2021

KONTAN.CO.ID - Inilah fenomena astronomi yang terjadi sepanjang pekan pertama bulan Oktober 2021. Beberapa diantaranya yakni fenomena fase bulan baru hingga puncak hujan meteor Draconid, yuk simak selengkapnya di sini.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak fenomena yang terjadi di alam semesta ini. Namun demikian, ada beberapa fenomena astronomi yang tidak boleh Anda lewatkan di bulan Oktober ini.

Tepatnya di pekan pertama bulan Oktober ini, ada beberapa fenomena astronomi yang telah dan akan terjadi. Bila Anda salah satu orang yang menyukai hal-hal berhubungan dengan benda langit, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Lewat akun resmi Instagram Pusat Riset Sains Antariksa - LAPAN (@pussainsa_lapan) membagikan beberapa informasi menarik terkait fenomena astronomi yang terjadi sepanjang pekan ini. Setidaknya ada empat fenomena astronomi yang terjadi pekan pertama bulan Oktober ini.

Seperti Aphelion Venus hingga puncak hujan meteor yang jatuh pada tanggal 8 Oktober mendatang, berikut fenomena selengkapnya.

ILUSTRASI: Hujan Meteor

Fenomena astronomi yang terjadi sepanjang pekan pertama Oktober 2021

1. Aphelion Venus

Aphelion merupakan sebuah peristiwa dimana planet berada pada titik paling jauh dengan matahari. Kali ini giliran Aphelion Venus yang terjadi rata-rata 255 hari sekali atau dalam lima tahun terjadi delapan kali. 

Aphelion Venus kali ini jatuh pada tanggal 3 Oktober 2021 pukul 11.07 WIB/ 12.07 WITA/ 13.07 WIT dan dapat terlihat dengan mata telanjang.

2. Fase bulan baru

Tepat hari ini, Rabu (6/10/2021) peristiwa astronomi juga akan menghiasi langit. Fase New Moon atau Bulan Baru merupakan fase di mana bulan berada di tengah-tengah matahari dan Bumi.

Dalam fase ini, cahaya matahari yang pada dasarnya menyinari planet kita akan terhalang oleh Bulan.

Fase bulan baru kali ini terjadi pada pukul 18.05.13 WIB/ 19.05.13 WITA/ 20.05.13 WIT. Peristiwa ini hanya dapat disaksikan ketika fajar dengan alat bantu, seperti teropong.

3. Konjungsi Mars

Mengutip dari laman resmi LAPAN, konjungsi planet merupakan suatu fenomena di mana planet berada dalam posisi yang berdekatan atau berpapasan. Kali ini konjungsi Mars bakal terjadi pada tanggal 8 Oktober pukul 11.29 WIB/ 12.29 WITA/ 13.29 WIT.

Sayang sekali, peristiw ini tidak dapat disaksikan dengan alat optik apapun.

4. Puncak hujan meteor Draconid

Menjelang akhir pekan, puncak hujan meteor Draconid akan jatuh pada tanggal 8 Oktober 2021 mendatang. Hujan meteor ini sejatinya berlangsung mulai hari ini (6/10/2021).

Puncaknya, hujan meteor Draconid dapat disaksikan dengan mata biasa pada pukul 16.00 WIB/ 17.00 WITA/ 18.00 WIT.

Demikian beberapa fenomena astronomi yang terjadi sepanjang pekan ini (3-8 Oktober). Kira-kira, fenomena astronomi mana yang paling Anda nantikan?

Selanjutnya: Mirip film Armageddon, NASA kirim misi untuk membelokkan asteroid

Editor: Arif Budianto
Terbaru