DKI Jakarta

Jalan tol Depok-Antasari nantinya akan dilanjutkan sampai Salabenda Kabupaten Bogor

Senin, 06 Juli 2020 | 09:17 WIB   Reporter: Handoyo
Jalan tol Depok-Antasari nantinya akan dilanjutkan sampai Salabenda Kabupaten Bogor

ILUSTRASI. Sejumlah pekerja menyelesaikan pekerjaannya pada jalan Tol Desari seksi II, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, jalan Tol Depok -

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama investor jalan tol telah menyelesaikan pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II Brigif – Sawangan yang telah dibuka untuk umum mulai Jumat (3/7). Hal ini dalam rangka meningkatkan konektivitas kawasan strategis perkotaan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Desari rencananya akan terus dilanjutkan pembangunannya sampai Salabenda, Kabupaten Bogor sepanjang 6,5 kilometer (km) dan akan terkoneksi dengan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Baca Juga: Usai rekonstruksi ruas tol Jagorawi sepanjang 2.166 meter, Jasa Marga lakukan ini

Nantinya, apabila telah rampung Tol Desari akan mengurangi beban lalu lintas Tol Jagorawi dan mempercepat waktu tempuh penduduk di Selatan Jakarta menuju Bogor.

“Jalan tol ini sejajar dengan Tol Jagorawi, sehingga nanti kalau jalan tol ini tersambung sampai di Bogor, maka sekitar sepertiga arus lalu lintas di Jagorawi akan pindah kesini terutama bagi pengendara yang melintasi Kebayoran-Pasar Minggu menuju Bogor,” ujar Menteri Basuki.

Tol Desari Seksi II memiliki panjang 6,3 km dengan empat gerbang yakni Gerbang Krukut 1 (keluar tol), Gerbang Krukut 4 (masuk tol), Gerbang Sawangan 1 (keluar tol) dan Gerbang Sawangan 4 (masuk tol) yang berakhir di jalan nasional Jalan Raya Sawangan, Jawa Barat.

Pembukaan Tol Desari Seksi II dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat maka para pelintas tidak dikenakan tarif hingga dua minggu ke depan. Para pelintas diimbau untuk menaati rambu lalu lintas yang berlaku, menjaga kecepatan maksimal dan menjaga kebersihan jalan tol.

Baca Juga: Hutama Karya siap operasikan jalan tol Sigli Banda Aceh ruas Indrapuri–Blang Bintang

Editor: Handoyo .


Terbaru