Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di RS Hasan Sadikin Bandung

Kamis, 29 Agustus 2024 | 17:44 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di RS Hasan Sadikin Bandung

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Rachim Dinata Marsidi (ketiga kiri) memberikan kata sambutan saat peresmian Pusat Pelayanan Ibu dan Anak Terpadu di RSHS, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).


BISNIS RUMAH SAKIT - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Gedung baru yang memiliki 8 lantai dan 490 tempat tidur ini diharapkan dapat menjadi acuan standar pelayanan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

"Ini akan kita jadikan contoh standar kualitas rumah sakit beserta nanti manajemennya," ujar Jokowi, Kamis (29/8).

Baca Juga: Masyarakat Kelas Menengah Indonesia Banyak Turun Kasta, Ini Pemicunya

Jokowi turut mengapresiasi kualitas gedung baru tersebut yang dinilainya setara dengan hotel bintang lima. Dia menambahkan bahwa fasilitas baru ini akan meningkatkan standar kualitas pelayanan kesehatan di Tanah Air.

Jokowi juga menyoroti penataan ruang, furnitur, dan peralatan digital modern yang digunakan di gedung tersebut. Menurutnya, RSHS Bandung dapat menjadi contoh standar kualitas bagi rumah sakit lain di seluruh Indonesia.

"Orang kita itu kalau sudah diberikan contoh, copy-nya gampang," katanya.

Baca Juga: Akui Tak Unggul di Pilkada Jakarta, Pramono Anung: Saya Akan Door To Door

Jokowi pun menekankan pentingnya kompetisi dengan negara lain dalam bidang kesehatan. Ia berharap, dengan adanya fasilitas seperti di RSHS Bandung, masyarakat Indonesia tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan berkualitas.

"Semangatnya harus semangat kompetisi dengan negara lain," katanya.

Jokowi juga menyatakan bahwa pemerintah tidak keberatan mengeluarkan anggaran besar asalkan kualitas yang diberikan sesuai dengan standar yang diharapkan. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Leuwikeris Jawa Barat, Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Salah satunya pembangunan gedung tersebut yang diketahui menghabiskan anggaran sebesar Rp 383 miliar. 

"Tugasnya menteri kesehatan untuk menyiapkan anggarannya, tugasnya menteri kesehatan untuk mencarikan anggarannya," tutur Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru