Jokowi Resmikan Tiga Pelabuhan Penyeberangan dan Satu KMP di Wakatobi

Kamis, 09 Juni 2022 | 22:20 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jokowi Resmikan Tiga Pelabuhan Penyeberangan dan Satu KMP di Wakatobi


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu kapal motor penumpang (KMP) di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Kamis, 9 Juni 2022.

Adanya pelabuhan dan KMP yang telah diresmikan diharapkan dapat mempermudah dan mendukung aktivitas masyarakat.

Adapun tiga pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Pelabuhan Penyeberangan Tomia, dan Pelabuhan Penyeberangan Binongko.

Sedangkan KMP Sultan Murhum II yang akan beroperasi, digunakan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis sebanyak empat kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Tak Bisa Ditolerir, Jokowi Tegaskan Ego Sektoral Harus Distop

“Selain itu, juga ada satu unit kapal penyeberangan yaitu KMP Sultan Murhum II yang juga siap dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, dan Tomia-Binongko, dengan trip empat kali seminggu,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6).

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, ketiga pelabuhan penyeberangan perintis (Kaledupa, Tomia, Binongko) selesai dibangun pada tahun 2021 dan memiliki panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam -5 meter, kapasitas sandar 1000 GRT (gross register tonase), tipe dermaga Dolphin, tipe bongkar muat plengsengan.

Keberadaan pelabuhan dan KMP tersebut diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat khususnya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako, serta meningkatkan konektivitas antarpulau di Wakatobi.

Sebagai informasi, KMP Sultan Murhum II merupakan kapal kedua yang beroperasi untuk melayani angkutan penyeberangan di Wakatobi yang mulai beroperasi pada tanggal 2 Mei 2022.

Baca Juga: Menko Martim Luhut Ungkap 27 Tugas dari Presiden Jokowi

Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian Perhubungan, Junaidi, kapal yang akan melayani tiga rute operasional tersebut diproduksi di PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar.

KMP Sultan Murhum II selesai dibangun pada Desember 2021 dengan nilai Rp 39,3 miliar. Kapal ini berbobot 500 GT, memiliki panjang 46,80 meter, kecepatan 13 knot, berkapasitas 262 penumpang dan kendaraan 16 truk sedang dan 26 kendaraan kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru