Jokowi targetkan tol Manado-Bitung rampung April 2020

Jumat, 05 Juli 2019 | 15:06 WIB   Reporter: Abdul Basith
Jokowi targetkan tol Manado-Bitung rampung April 2020


JALAN TOL -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jalan tol Manado-Bitung akan segera rampung pada Maret atau April 2020. Kepastian itu dikatakan Presiden meskipun permasalahan pembebasan tanah belum rampung sepenuhnya.

"Jadi tol Manado-Bitung lapangannya masih kurang 13 kilometer yang belum pembebasan (lahan), tapi proses berjalan," ujar Jokowi dalam siaran pers, Jumat (5/7).

Tol Manado-Bitung akan dapat diselesaikan awal tahun 2020 yang akan datang. Ia menargetkan penyelesaian akan dilakukan pada Maret atau April 2020. Tol sepanjang 39,9 kilometer (km) tersebut masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Tol tersebut penting untuk mendongkrak pariwisata dan sektor ekonomi lainnya.

Jalan tol ini juga akan menjadi jalan akses utama ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pulau Lembeh yang sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata baru Sulawesi Utara."Bisa nanti larinya ke pariwisata, bisa larinya ke industri dan KEK yang nanti juga berhubungan dengan pelabuhan," terang Jokowi.

Sebelumnya saat diresmikan KEK Bitung ditargetkan meraup investasi sebesar Rp 35 triliun. Dengan lahan seluas 534 hektare (ha), KEK Bitung akan dikembangkan untuk berbagai industri seperti pengolahan kelapa, ikan, dan farmasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru