Kebakaran lahan di Gunung Lawu

Jumat, 15 November 2019 | 18:03 WIB Sumber: Kompas.com
Kebakaran lahan di Gunung Lawu

ILUSTRASI. Hutan Gunung Lawu di sisi Timur tepatnya di perbatasan Desa Sukowidi dengan area perhutani terbakar Jumat siang sekitar pukul 09:30 WIB.


KEBAKARAN - MAGETAN. Hutan Gunung Lawu di sisi timur, tepatnya di perbatasan Desa Sukowidi dengan area milik Perhutani, terbakar pada Jumat (15/11/2019). Kebakaran terjadi sekitar pukul 09:30 WIB.

Kepala Desa Sukowidi Sutopo mengatakan, kebakaran yang terjadi di areal hutan pinus milik Perhutani itu belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Jelang beroperasi penuh, Tol Solo Ngawi gelar acara sepedaan

“Tidak tahu kalau penyebabnya. Warga, jam 08:30 WIB, melihat kepulan asap dari atas hutan pinus perbatasan antara Sukowidi dengan area Perhutani itu,” ujar Sutopo, Jumat (15/11/2019).

Sutopo mengatakan, saat mengetahui ada kebakaran, dia bersama warga lainnya naik ke atas gunung untuk membantu memadamkan api. Warga membuat sekat agar api tidak merambat ke wilayah perkebunan warga.

“Warga langsung naik membuat ilaran. Kalau lokasi, masih jauh dari perkebunan warga, masih sekitar 4 kilometer,” kata Sutopo.

Besarnya angin yang bertiup membuat api cepat membesar, membuat luasan hutan yang terbakar cepat meluas. Hingga Jumat sore, kebakaran hutan di Gunung Lawu meluas ke arah utara Gunung Lawu.

Baca Juga: Pertamina Geothermal Energi tunda pengembangan WKP Gunung Lawu

“Yang selatan sudah padam, tapi api tiba-tiba naik ke arah utara,” ucap Sutopo. (Sukoco)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Lahan di Gunung Lawu ", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru