Kebijakan ganjil-genap diperluas ke Rasuna Said

Senin, 07 Agustus 2017 | 12:37 WIB Sumber: Kompas.com
Kebijakan ganjil-genap diperluas ke Rasuna Said


JAKARTA. Tidak hanya kawasan larangan sepeda motor, kawasan ganjil genap juga akan diperluas.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, perluasan kawasan ganjil genap akan diberlakukan di Jalan Rasuna Said.

"Yang pasti di Jalan Rasuna Said. Kalau di Rasuna Said, nanti mau kita permanenkan sama dengan di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto," ujar Sigit di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (7/8).

Selain itu, aturan ganjil genap akan diterapkan secara tidak permanen di beberapa kawasan tertentu, misalnya di area pembangunan light rail transit (LRT) dari Cawang sampai Jalan Rasuna Said. "Dari ruas Cawang, kita berlakukan sistem ganjil genap," ujar Sigit.

Ia mengatakan, aturan ganjil genap menepis anggapan bahwa kebijakan pemerintah selalu merugikan kendaraan roda dua, seperti kebijakan mengenai larangan sepeda motor.

Lebih jauh mengenai rencana perluasan kawasan ganjil genap ini akan dibahas dalam focus group discussion (FGD) Pemprov DKI Jakarta bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan instansi terkait seperti Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya serta  akademisi.

FGD itu juga akan membahas rencana perluasan kawasan larangan sepeda motor sampai Bundaran Senayan.

Jika FGD selesai, uji coba perluasan larangan sepeda motor akan dilakukan pada September. "Kalau hasil FGD ini oke, maka paling lambat September akan kita uji cobakan," ujar Sigit. (Jessi Carina)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: Sistem Ganjil Genap Akan Diterapkan sampai Jalan Rasuna Said

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru