Kementan Dukung Petani Milenial Jatim Lewat Program YESS

Senin, 26 Agustus 2024 | 21:31 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Dukung Petani Milenial Jatim Lewat Program YESS

Hari, petani milenial budidaya hidroponik sayuran di Pasuruan disambangi oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Idha Widi Arsanti (tengah) didampingi Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (ke-4?kanan).


PERTANIAN -  PASURUAN. Kementerian Pertanian (Kementan) semakin serius dalam mendorong regenerasi petani dan mencetak wirausahawan muda di sektor pertanian melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). 

Program ini bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan telah diterapkan di beberapa wilayah, termasuk Jawa Timur.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya peran generasi muda dalam sektor pertanian. 

Baca Juga: Kementan Pantau Program Pompanisasi di Bogor untuk Tingkatkan Produktivitas

"Keterlibatan petani muda menjadi kunci keberlangsungan pangan nasional. Mereka harus menjadi teladan bagi petani lainnya," ujarnya dalam siaran pers, Senin (26/8).

Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Idha Widi Arsanti, menambahkan bahwa petani milenial perlu berinovasi dalam mengembangkan produk pertanian unggulan. K

omitmen ini tercermin dalam kunjungannya ke Desa Sukorejo, Pasuruan, untuk mendukung penerima manfaat Program YESS dan memantau perkembangan usaha mereka.

Dalam kunjungan tersebut, Santi didampingi oleh Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, dan Project Manager PPIU Jawa Timur, Acep Hariri. Mereka bertemu dengan Hari, seorang petani milenial yang fokus pada budidaya hidroponik sayuran. 

Baca Juga: PDI Perjuangan Urung Umumkan Calon Cagub dan Cawagub Jakarta di Pilkada 2024

Selain itu, beberapa penerima manfaat lain dari Program YESS di Sukorejo yang bergerak di bidang produk olahan pertanian juga turut hadir.

Santi menegaskan bahwa Program YESS bukan sekadar memberikan pelatihan, tetapi juga membangun jaringan dukungan yang kuat bagi para petani milenial. Ia juga berdialog dengan penerima manfaat untuk mendengar langsung tantangan yang dihadapi dan memberikan masukan untuk perbaikan program.

Selama kunjungan, para penerima manfaat memamerkan produk unggulan mereka dalam pameran kecil, yang menjadi ajang untuk memperkenalkan produk pertanian lokal kepada masyarakat.

Menurut Setya Budhi Udrayana, Kabupaten Pasuruan adalah salah satu wilayah yang memiliki petani milenial berkualitas di bawah Program YESS. Ia berharap kunjungan ini dapat memotivasi lebih banyak pemuda untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional melalui sektor pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru