Kepala BPPSDMP Kementan Minta Petani Milenial di Jatim Genjot Produktivitas

Rabu, 27 September 2023 | 16:21 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kepala BPPSDMP Kementan Minta Petani Milenial di Jatim Genjot Produktivitas

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi. saat berkunjung ke lahan pertanian milik Gani Arista, petani milenial yang telah menerapkan metode Smart Green House pada Selasa (26/9).


PERTANIAN -  PASURUAN. Menutup rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengunjungi lahan pertanian Gani Arista, petani milenial yang telah menerapkan metode Smart Green House pada Selasa (26/9).

Gani Arista merupakan petani milenial binaan Program Youth Entrepreneur Support Services (YESS) oleh Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur. Gani Arista menggeluti pertanian dengan komoditas utama selada keriting dan selada pawetonan.

Program YESS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian RI dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD). Dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan dan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Baca Juga: Dorong Petani Milenial Bangun Bisnis Agribisnis Berorientasi Laba

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi saat berkunjung ke lahan pertanian milik Gani Arista mengingatkan tentang peluang untuk menggenjot produktivitas dan memenuhi kebutuhan pasar sangat mungkin dilakukan.

"Kuota pemasaran tidak masalah, berarti tinggal tingkatkan produktivitas dan cari offtakers serta buka pasar lebih luas,"  katanya didampingi Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (27/9).

Menurut Dedi Nursyamsi, agribisnis yang ditekuni oleh Gani Arista belum sepenuhnya hasil olahan sendiri, maka dia menyampaikan beberapa pesan agar lahan pertanian milik Gani dapat berkembang dengan pesat.

Baca Juga: Kementan Dorong Pembentukan 320.000 Petani Muda Melalui Program YESS hingga 2025

"Saya sudah sampaikan tadi ke Gani Arista tentang tiga kunci peningkatan produktivitas dan produksi yakni benih, nutrisi tanaman dan pemasaran,” katanya lagi.

Menurut Dedi Nursyamsi, tiga elemen penting tersebut harus segera diimplementasikan, direalisasikan dan wajib dikuasai oleh Gani Arista agar usahanya dapat berkembang cepat dan pesat.

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengimbau para petani milenial untuk memperluas jejaring guna memperluas pemasaran dan penjualan hasil produk pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru