kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45685,03   12,89   1.92%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

KRL belum bisa beroperasi meski sudah ada aliran listrik


Minggu, 04 Agustus 2019 / 22:26 WIB
KRL belum bisa beroperasi meski sudah ada aliran listrik

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian rute kereta listrik sudah bisa beroperasi, Minggu (4/8) malam, setelah menerima pasokan listrik dari PLN. Namun, kepastian operasional masih menunggu informasi dari PT KAI Daop 1 unit Listrik Aliran Atas (LAA). 

Sejumlah rute KRL kembali berjalan lantaran gardu traksi yang menjadi sumber listrik KRL sudah teraliri listrik, namun belum sempurna di rute tersebut. 

Baca Juga: MRT mulai beroperasi, layanan operasional gratis hingga tengah malam

"Beberapa lintas yang sudah on (nyala) itu Manggarai-Jakartakota jalur hilir (sisi kanan), Jakarta-Manggarai, Depok, Bogor jalur hulu (Manggarai-Bogor) bisa dilalui, hilir yang ke arah Bogor. Jakartakota-Ancol dua-duanya sudah bisa dilalui, Tanah Abang-Sudimara dua duanya sudah bisa dilalui," kata Vice President Communication PT Kereta Commuter Indonesia ( KCI) Anne Purba di Kantor KCI, Jakarta Pusat, Minggu (4/8). 

Sedangkan untuk rute KRL lintas Bekasi belum bisa berjalan karena daya listrik di gardu traksi wilayah tersebut belum teraliri listrik. 

Sementara itu, Vice President Operasi PT KCI Broer Rizal mengatakan, operasional KRL menunggu seluruh gardu traksi KRL kembali normal sempurna. 

Baca Juga: Pemadaman listrik massal, PLN: Kami tidak melihat adanya sabotase

Artinya, penjualan tiket KRL di seluruh stasiun masih menunggu normalisasi gardu traksi sempurna. 

"Kami informasikan hingga saat ini untuk sementara waktu, dari unit Listrik Aliran Atas (LAA) Daop 1 yang memastikan daya (listrik) berjalan normal, sampai saat ini belum mengizinkan operasional KRL di lintas sampai dengan kondisi jaringan LAA dan daya yang masing-masing masuk di gardu traksi sudah sempurna," ujar Broer. 

Hingga saat ini PT KCI terus berkoordinasi dengan PT KAI Daop 1 dan PLN guna melihat perkembangan daya listrik yang masuk ke gardu traksi KRL. 

"Harapannya malam ini semua sudah clear sehingga besok pagi tidak ada masalah lagi untuk semua lintas," ujar Broer. 

Baca Juga: Padamnya listrik di wilayah Jabodetabek mendapat sorotan dari media asing

Sebelumnya, seluruh perjalanan kereta rel listrik (KRL) terhenti akibat pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Minggu siang. Akibatnya, ratusan perjalanan KRL hari ini terpaksa dibatalkan. (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KRL Belum Bisa Beroperasi meski Sudah Ada Aliran Listrik"



TERBARU

[X]
×