Jawa Tengah

Kudu isolasi Mandiri, warga positif corona ini malah piknik rombongan ke Bali

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 07:10 WIB Sumber: Kompas.com
Kudu isolasi Mandiri, warga positif corona ini malah piknik rombongan ke Bali

ILUSTRASI. Wisatawan mengunjungi kawasan Pantai Kuta, Badung, Bali, Kamis (9/7/2020). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.


KONTAN.CO.ID - JEPARA.  Warga Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berinisial S nekat mengikuti kegiatan piknik ke Bali meski sudah dinyatakan positif Covid-19. Padahal seharusnya dia menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Dalam kegiatan piknik itu, ada 40 orang warga kampung yang juga turut serta. Mereka menggunakan kendaraan bus menuju Bali. 

S, perempuan yang bekerja sebagai juru masak itu diketahui terpapar Covid-19 sejak awal Oktober. Dia diminta melakukan isolasi mandiri karena tidak merasakan gejala sakit. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mundrikatun mengatakan rombongan berangkat tanggal 2 Oktober dan pulang pada 6 Oktober 2020. Satgas Covid-19 Jepara langsung bertindak setelah tahu S ikut piknik ke Bali.

"S dipulangkan lebih awal dan dibawa ke Puskesmas Bangsri II," kata Mundrikatun saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Raam Punjabi dan istrinya positif Covid-19, diduga tertular dari asisten rumah tangga

Rombongan jalani tes swab 

Setelah sampai di Jepara, rombongan bus langsung dijemput tim Satgas Covid-19 Jepara dan diarahkan ke Puskesmas Bangsri II. Mereka lalu mengikuti tes swab massal karena diduga sudah berkontak dengan pasien. 

"Kami masih melakukan tracing dan masih menunggu hasil swab. Hal ini sangat disayangkan," ungkap Mundrikatun. 

Hingga Jumat, jumlah kasus Covid-19 di Jepara terakumulasi sejumlah 1.776 kasus positif Covid-19. Rinciannya, 227 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri di rumah, 1.403 orang sembuh. Sedangkan, 146 orang meninggal dunia.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief). Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diminta Isolasi Mandiri, Juru Masak Positif Covid-19 Malah Berangkat Piknik ke Bali, Ini Akibatnya"  Editor : Pythag Kurniati

Selanjutnya: Inilah sebab 90% pasien di Wisma Atlet kena corona meski sudah pakai masker

 

 

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru