Libur 1 Muharram 2022, Kawasan Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Mulai Sore Ini

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:20 WIB Sumber: Kompas.com
Libur 1 Muharram 2022, Kawasan Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Mulai Sore Ini

ILUSTRASI. Selama libur nasional 1 Muharram, kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tetap diberlakukan di Puncak. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya


KONTAN.CO.ID - KABUPATEN BOGOR. Dalam keterangan resminya, Kementerian Agama memutuskan libur tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 H jatuh pada Sabtu (30/7/2022). 

Terkait hal itu, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Jawa Barat memastikan, selama libur nasional kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tetap diberlakukan, dimulai pada Jumat (29/7/2022) sore. 

"Untuk pelaksanaan ganjil genap masih sama, dimulai Jumat sore besok, dilanjut Sabtu dan Minggu (31/7/2022) pagi," ucap Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Lantas Polres Bogor, Ipda Ardian sewaktu dihubungi Kompas.com, Kamis (28/7/2022) malam. 

Ardian menyebut, kebijakan ganjil genap ini diberlakukan di pintu masuk Puncak Bogor atau Simpang Gadog, tepatnya di Exit GT Ciawi, Kabupaten Bogor. 

Kebijakan itu juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang pengaturan lalu lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi Puncak Bogor. 

Baca Juga: Kapan Libur 1 Muharram 2022? Tetap 30 Juli 2022 atau Bergeser ke 31 Juli 2022?

Dalam peraturan itu, pada hari libur nasional ganjil genap diberlakukan mulai H-1 sampai dengan hari libur nasional pukul 24.00 WIB. 

Hari berikutnya atau Minggu (31/7/2022) pagi, ganjil genap kembali dilanjutkan. Pada Minggu pagi, pola rekayasa lalu lintas satu arah atau one way juga akan diterapkan. 

Namun, penerapan skema satu arah atau one way tersebut sifatnya kondisional alias melihat kondisi lapangan saja. Adapun aturan ganjil genap masih tetap sama seperti sebelumnya. Tanda nomor kendaraan angka terakhir yang akan diperiksa. 

Ardian menegaskan, bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal di kalendar ganjil dan genap, maka akan dilarang melintasi kawasan Puncak Bogor. 

"Jadi bagi pengendara yang mau melintas atau berlibur ke Puncak Bogor harus menyesuaikan waktu keberangkatan dengan ketentuan ganjil genap ini, kalau tidak sesuai maka akan diputarbalik oleh petugas," jelas Ardian. 

Perlu diketahui, dalam Permenhub itu terdapat beberapa jenis kendaraan yang dikecualikan, yaitu: 

1. Kendaraan pimpinan lembaga negara Republik Indonesia, 
2. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, 
3. Kendaraan dinas dengan tanda nomor kendaraan bermotor dinas berwarna dasar dan/atau nomor dinas TNI/Polri, 
4. Kendaraan untuk kepentingan tertentu,
5. Kendaraan warga yang berdomisili di sekitar Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075. Dengan dibuktikan KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah.

Baca Juga: Sila Dipilih, Contoh Ucapan & Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H/2022

6. Kendaraan Pemadam Kebakaran, Kendaraan Ambulans, 
7. Kendaraan Angkutan Umum dengan tanda kendaraan bermotor berwarna dasar kuning,
8.Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik, 
9. Kendaraan bertanda khusus yang melayani penyandang disabilitas,

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Tahun Baru Islam, Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku Mulai Jumat Sore"
Penulis : Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan
Editor : Gloria Setyvani Putri
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru