CLOSE [X]

Libur Lebaran, Dishub DKI: Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Sepekan

Senin, 01 April 2024 | 10:02 WIB Sumber: Kompas.com
Libur Lebaran, Dishub DKI: Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Sepekan

ILUSTRASI. Kendaraan melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (12/3/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.


LALU LINTAS - JAKARTA. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menyatakan, aturan ganjil genap di beberapa ruas jalan Jakarta ditiadakan selama libur Lebaran Idul Fitri 1145 Hijriah. 

"Ganjil genap libur lebaran tidak berlaku. Itu (saat) cuti bersama (ganjil genap) juga tak berlaku," ujar Kadishub DKI Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Senin (1/4). 

Ketentuan ganjil genap yang tak berlaku saat libur Lebaran 2024 juga diunggah akun media sosial Instagram @dishubdkijakarta, Senin pagi. 

Dishub DKI menginformasikan, aturan ganjil genap ditiadakan selama sepekan, sejak 8 hingga 15 April 2024. 

Baca Juga: Cek Jadwal Ganjil Genap Jakarta Pagi Selama Bulan Puasa (1 April 2024)

Ketentuan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) bersama Menteri Keternagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024. 

Aturan peniadaan ganjil genap itu juga disebut sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 88 Tahun 2019, Pasal 3 ayat 3 tentang Pembatasan Lalu Lintas. 

Dengan demikian sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, yang ditetapkan dengan keputusan presiden. 

Meski tak adanya aturan ganjil genap, Dishub DKI mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dishub DKl: Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Ditiadakan Saat Libur Lebaran 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru