Peristiwa

Libur panjang, antrean panjang mengular di Puncak

Jumat, 14 April 2017 | 17:33 WIB Sumber: Antara,Kompas.com
Libur panjang, antrean panjang mengular di Puncak


CIANJUR. Volume kendaraan bermotor yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jumat (14/4), terus meningkat. Menjelang sore, tampak antrean kendaraan yang memanjang.

Volume kendaraan diprediksi terus meningkat menjelang malam.  Mengantisipasi hal ini Polres Cianjur menerjunkan ratusan anggota untuk mencegah macet total di jalur utama Puncak.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Erik Bangun Prakarsa mengatakan, puncak kepadatan arus akan terjadi menjelang tengah malam.

Ratusan polisi pun disebar di sejumlah titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon-Pacet.

"Sejak pagi hingga malam, petugas akan disiagakan di sejumlah titik rawan dan pusat keramaian di kawasan Puncak-Cipanas. Bahkan kami juga melibatkan jajaran Polres Cianjur, untuk ikut serta mengatur arus lalu lintas yang berada di wilayahnya masing-masing termasuk di sejumlah jalur alternatif di kawasan tersebut," kata Erik.

Menjelang sore volume kendaraan dari arah Bogor menuju Puncak-Cipanas, mulai meningkat. Sejumlah titik rawan macet mulai terlihat antrean kendaraan dengan laju tersendat. Namun, antrean tidak sampai memanjang karena polisi mengurainya dengan rekayasa arus lalu lintas.

"Petugas kami banyak melakukan upaya pencairan antrian dengan rekayasa satu arah atau buka tutup lokal terhadap kendaraan yang keluar dari jalur wisata seperti Hanjawar dan Kebun Raya Cibodas," kata Erik.

Pihaknya telah memberlakukan sitem satu arah dari puncak sampai pintu tol Gadog-Ciawi. Menurut Erik, pemberlakukan sistem satu arah ini juga melibatkan petugas dari Polres Bogor.

Dia juga mengimbau pengendara untuk waspada saat melintas di daerah rawan bencana yang banyak terdapat di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur.

(Krisiandi)

Editor: Rizki Caturini
Terbaru