LRT Palembang akan diuji pada Asian Games

Senin, 06 Februari 2017 | 18:41 WIB Sumber: Antara
LRT Palembang akan diuji pada Asian Games


JAKARTA. Light Rail Transit (LRT) yang dibangun di Kota Palembang, Sumatera Selatan rencananya akan diuji coba saat perhelatan Asian Games 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah kementerian terkait tengah membahas skema pembiayaan dan akan segera melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo. Rapat terbatas mengenai Perkembangan pembangunan LRT hari ini (6/2), dibahas bagaimana membangunnya, bagaimana skema-skema pembiayaannya.

Total perkembangan pembangunan kereta listrik ringan di Palembang telah mencapai 35% sementara tingkat kemajuan pembangunan di Jakarta mencapai 12%. "Pembangunan kereta listrik ringan di Jakarta memakan waktu lebih panjang karena total panjang jalur rute yang dilalui," ujarnya.

Untuk pengadaan unit kereta listrik yang akan dioperasikan di jalur LRT Jakarta, Budi mengatakan akan memberikannya kepada PT KAI. Sementara untuk unit LRT di Palembang, Budi menyerahkan pembuatannya kepada pemda setempat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah terus memantau pembangunan LRT untuk mencari solusi jika ada masalah yang menghambat. Dia juga meminta agar pembangunan LRT dapat selesai saat Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

(Bayu Prasetyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru