Lubang sebesar sumur muncul di perkampungan dan pantai usai gempa, ini kata BMKG

Sabtu, 28 September 2019 | 20:55 WIB Sumber: Kompas.com
Lubang sebesar sumur muncul di perkampungan dan pantai usai gempa, ini kata BMKG


GEMPA - AMBON. Sebuah fenomena alam yang dinilai aneh oleh masyarakat muncul di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah setelah gempa berkekuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis (26/9).

Fenomena langka itu berupa munculnya sejumlah lubang sebesar sumur di perkampungan desa yang cukup parah terkena dampak gempa tersebut. Menanggapi munculnya fenomena tersebut, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin menyebut bahwa fenomena tersebut mungkin terjadi saat gempa berkekuatan besar mengguncang sebuah daerah.

"Kalau saya lihat gambarnya itu seperti kaya habis semburan gitu ya. Itu istilahnya fenomena sand boil," kata Andi kepada Kompas.com, Sabtu (28/9). Dia menyebut fenomena sand boil atau semburan pasir terjadi karena saat gempa ada rekahan terbuka pada zona di bawah pijakan, ditambah tekanan air bawah tanah melalui pori-pori maka terjadi semburan.

"Sand boil, itu semburan itu karena saat gempa ada rekahan ada zona-zona yang rekah di bawah kita, ini kan ada air tanah jadi ada rekahan yang terbuka terus ditambah tekanan dari bawah makanya air yang dibawa ini melewati pori-pori keluar bercampur material pasir," kata Andi. 

Baca Juga: Kondisi terkini gempa Ambon: Terjadi 484 gempa susulan, pengungsi capai 25.000 orang

Dia menyebut warga tidak perlu panik dan mengaitkan fenomena tersbeut dengan tsunami dan lainnya karena hal tersebut merupakan fenomena biasa yang terjadi akibat dampak sekunder dari sebuah gempa besar. "Itu biasa terjadi saat gempa besar, itu fenomena yang biasa terjadi saat gempa besar, itu istilahnya dampak sekunder dampak ikutan saat gempa besar," tambah dia.

Cerita warga

Lubang yang diceritakan banyak ditemui di perkampungan warga. Selain di tengah-tengah perkampungan warga, beberapa lubang juga muncul di pesisir pantai desa tersebut. "Ada banyak lubang yang muncul di sini, besarnya itu seperti perigi," kata Ibrahim salah satu warga Liang.

Dia menjelaskan, lubang-lubang itu muncul dan menyemburkan air bercampur tanah dan juga pasir saat terjadinya gempa, "Iya saat kejadian itu ada muncul semburan air dan juga pasir," ujarnya.

Baca Juga: 20 orang tewas akibat gempa magnitudo 6,8 di Ambon

Dia tidak mengetahui persis berapa jumlah lubang yang ada di desanya tersebut. Meski begitu dia mengaku lubang itu ada banyak termasuk juga di pantai desa tersebut. "Ada banyak di pantai juga ada, saya tidak hitung," ujarnya. (Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Lubang Sebesar Sumur Muncul di Perkampungan dan Pantai Usai Gempa, Ini Penjelasan BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru