Mahasiswa pengunjuk rasa di DPR blokade jalan tol dalam kota

Selasa, 24 September 2019 | 15:51 WIB Sumber: Kompas.com
Mahasiswa pengunjuk rasa di DPR blokade jalan tol dalam kota

ILUSTRASI. MAHASISWA TOLAK UU KPK DAN PENGESAHAN RUU KUHP


DEMONSTRASI - JAKARTA. Mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019), mulai memblokade jalur tol dalam kota. 

Sekitar pukul 15.00 WIB, mahasiswa yang berada di ruas Jalan Gatot Subroto memanjat tembok pembatas kemudian memadati ruas tol dalam kota yang mengarah ke Slipi, Jakarta Barat. 

Mahasiswa juga tampak membakar traffic cone. Akibatnya, arus menjadi tersendat. Pengguna kendaraan hanya dapat menggunakan satu jalur untuk melintas. 

Baca Juga: Jokowi minta RUU Pemasyarakatan ditunda, DPR usul adakan forum lobi

Sebelumnya, ribuan mahasiswa juga menggelar aksi unjuk rasa di depan DPR, Senin (23/9/2019). Setidaknya ada empat poin tuntutan mahasiswa dalam aksinya, yakni :
1. Merestorasi upaya pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme. 
2. Merestorasi demokrasi, hak rakyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia, dan keterlibatan rakyat dalam pengambilan kebijakan. 
3. Merestorasi perlindungan sumber daya alam, pelaksanaan reforma agraria dan tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif. 
4. Merestorasi kesatuan bangsa dan negara dengan penghapusan diskriminasi antaretnis, pemerataan ekonomi, dan perlindungan bagi perempuan. (Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mahasiswa Pengunjuk Rasa di DPR Blokade Jalan Tol Dalam Kota"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru