Maju Pilkada Jakarta, Pasangan Dharma-Kun Jalani Tes Kesehatan Hari Ini

Minggu, 01 September 2024 | 09:11 WIB   Reporter: kompas.com
Maju Pilkada Jakarta, Pasangan Dharma-Kun Jalani Tes Kesehatan Hari Ini

ILUSTRASI. Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun (kiri) dan Kun Wardana (kanan) berpose sebelum mendaftar sebagai peserta Pilgub DKI Jakarta 2024 di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (29/8/2024). Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Minggu (1/9/2024).


PILKADA - JAKARTA. Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Minggu (1/9/2024).

Tes kesehatan itu dalam rangka memenuhi syarat pendaftaran peserta Pilkada DKI Jakarta.

Usai menjalani tes kesehatan, Dharma mengaku mengikuti arahan yang diberikan sebelum melakukan tes kesehatan, yakni berpuasa.

"Jadi, kami selalu patuh dengan perintah yang disampaikan, Kami ikuti perintahnya. Suruh puasa, kami puasa," kata Dharma. 

Ia mengaku sudah terbiasa melakukan puasa. Dengan demikian, ia tidak kesulitan melewati tes kesehatan ini.

Baca Juga: Jokowi Sebut Hubungannya dengan Prabowo Masih Erat

"Dan kebetulan saya sudah terbiasa makan satu kali sehari. Jadi kalau disuruh puasa dua hari pun enggak ada masalah," kata Dharma.

Meski demikian, Dharma mengaku tidak sempat berolahraga karena jadwal kegiatan yang cukup padat dalam beberapa hari terakhir.

Ia hanya menjalankan istirahat dan mengonsumsi air mineral cukup sebelum melakukan tes kesehatan.

"Ya istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, sampai kencing-kencing terus, Karena darah kita itu sangat dipengaruhi oleh banyaknya cairan, terutama air mineral," ucap Dharma. 

Senada dengan Dharma, Kun Wardana mengaku biasa saja dalam menjalani pemeriksaan kesehatan, karena ia rutin melakukan cek darah.

"Saya biasa cek darah. Jadi sudah cukuplah," kata Kun Wardana. Dharma Pongrekun dan Kun Wardana sendiri tiba di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, pukul 06.43 WIB.

Keduanya tampak kompak mengenakan baju berwarna hitam. Pemeriksaan kesehatan ini akan berlangsung kurang lebih selama 11 jam dengan melibatkan 16 dokter spesialis.

Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan bakal calon gubernur dan wakil gubernur meliputi fisik dan juga psikis. 

Pemeriksaan fisik yang harus dijalani meliputi, USG Abdomen, rontgen thorax, pemeriksaan status penyalahgunaan narkoba, pemeriksaan paru spirometri, pengambilan sampel gula darah, pemeriksaan THT KL audiometri, pemeriksaan penyakit dalam, pemeriksaan bedah, pemeriksaan neurologi, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung dan pembuluh darah, pemeriksaan gigi dan mulut, dan pemeriksaan MRI kepala tanpa kontras.

Sementara, untuk pemeriksaan psikis yang dilakukan adalah wawancara dengan psikiater, tes kepribadian, tes intelegensi, tes kepribadian papikostic, tes kepribadian grafis, tes potensi khusus lainnya kraepelin, tes potensi khusus lainnya DISC, dan wawancara dengan psikolog klinis.

Baca Juga: Pramono Anung Sambut Baik Usulan Warga Perpanjang Rute MRT Sampai ke Tangsel

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dharma-Kun Jalani Tes Kesehatan, Tak Masalah Disuruh Puasa", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/01/09012081/dharma-kun-jalani-tes-kesehatan-tak-masalah-disuruh-puasa.a

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru