Manado belajar bangun otorita Bunaken ke Batam

Jumat, 22 April 2016 | 16:12 WIB Sumber: Antara
Manado belajar bangun otorita Bunaken ke Batam


BATAM. Pemerintah Kota Manado Sulawesi Utara mempelajari pembentukan badan otoritas daerah khusus ke Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau, Jumat (22/4).

Pejabat Wali Kota Manado, Royke Roring menyatakan pemerintah berencana untuk membentuk Otorita Bunaken, menyerupai Otorita Batam, untuk mendongkrak pariwisata di daerah itu.

"Pemprov menginisiasi membentuk Otorita Bunaken. Sebelum lanjut, Pemkot ingin mengetahui bagaimana fungsi Pemkot Batam berkaitan dengan Otorita Batam," kata Pejabat Wali Kota Manado usai bertemu Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Pembentukan Otorita Bunaken dinilai penting untuk mengelola kawasan pariwisata itu agar lebih profesional.

Dari Pemkot Batam, ia mengumpulkan sejumlah informasi mengenai apa yang perlu dipersiapkan pemerintah menghadapi pembentukan Otoritas Bunaken, agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan seperti yang terjadi sebelumnya antara Pemkot Batam dengan Badan Pengusahaan Kawasan Batam (dulu bernama Otorita Batam).

"Semua hal positif diadopsi. Kami akan mengupayakan aturan jelas, tidak ada bersimpang antara Pemkot dengan badan otorita," kata Royke.

Meskipun fokus bidang antara Otorita Bunaken dengan Otorita Batam berbeda, Bunaken untuk pariwisata sedangkan Batam untuk industri, Pemkot Manado menilai harus mempelajari pembentukan otorita dari Batam, mengingat Otorita Batam sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menjelaskan mengenai pentingnya kejelasan wewenang antara badan otorita dengan pemerintah daerah.

Dalam pelaksanaan kawasan perdagangan bebas pelabuhan bebas Batam maupun Kawasan Ekonomi Khusus Batam, badan otorita bertugas mengelola perizinan, di luar itu menjadi tugas Pemkot.

Selain untuk mempelajari pembentukan badan otorita, kedatangan Penjabat Wali Kota Manado ke Batam juga untuk menghadiri Batam Expo 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru