Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo positif corona

Selasa, 06 Juli 2021 | 04:21 WIB Sumber: Kompas.com
Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo positif corona

ILUSTRASI. Setelah melakukan tes swab PCR pada Kamis, 1 Juli 2021, mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dinyatakan positif Covid-19. KONTAN/Fransiskus Simbolon/19/03/2012

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah melakukan tes swab PCR pada Kamis, 1 Juli 2021, mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dinyatakan positif Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pria yang akrab disapa Foke itu terkonfirmasi bersama dengan istri dan tim ajudannya. 

"Kami saat ini Dinas Kesehatan beserta jajaran sedang memberikan pendampingan perawatan kepada Bapak Fauzi Bowo beserta ibu yang kebetulan terkonfirmasi positif," ujar Widyastuti dalam keterangan suara, Senin (5/7/2021). 

"Di mana hasil lab menunjukkan pada saat tanggal 1 beliau (Foke) positif, Bapak dan Ibu Foke alhamdulillah sudah mendapatkan vaksinasi dua dosis pada saat beliau masih di Berlin, yaitu mendapatkan vaksinasi Pfizer," tambah Widyastuti. 

Widyastuti mengatakan, tim ajudan Foke juga terpapar Covid-19 meskipun sudah melakukan vaksinasi dengan dosis vaksin yang ada digunakan di Indonesia, yaitu Sinovac dan AstraZeneca. 

Baca Juga: Tes COVID-19 dengan metode kumur PCR, begini kata ahli

"Jadi secara umum memang tim yang di sekeliling Bapak memang sudah tervaksinasi," ucap dia. 

Widyastuti menyebutkan, deteksi awal Foke terpapar Covid-19 saat mencoba berobat di salah satu rumah sakit di Jakarta Pusat. Kemudian, Foke disarankan untuk melakukan tes swab PCR dan hasilnya positif Covid-19. 

"Kemudian keluarga beliau berkoordinasi dengan kami dan kami memberikan pendampingan untuk sementara perawatan di rumah, karena kondisi beliau yang cukup dilakukan perawatan di rumah," tutur Widyastuti. 

Baca Juga: Begini Cara Pesan Blue Bird untuk Pasien OTG Covid-19

Widyastuti menambahkan, meski Foke terpapar Covid-19, keadaannya saat ini relatif stabil dan tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit. Perawatan lanjutan, ucap Widyastuti, dilakukan di rumah dengan pengawasan dokter dan perawat yang akan diberikan pendampingan dari Dinkes DKI Jakarta. 

"Tim jajaran Dinkes Prov DKI Jakarta memberikan dampingan dan melakukan dua sisi, satu adalah melakukan visitasi kepada beliau dengan memberikan obat-obat yang sudah ditetapkan oleh dokter yang merawat," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo Positif Covid-19"
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Jessi Carina

 

Selanjutnya: Tak hanya mencegah infeksi virus corona, ini manfaat lain vaksin Covid-19

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru