Massa aksi 313 berkumpul di Bundaran Patung Kuda

Jumat, 31 Maret 2017 | 15:29 WIB Sumber: Kompas.com
Massa aksi 313 berkumpul di Bundaran Patung Kuda


JAKARTA. Massa aksi 313 atau 31 Maret 2017 berkumpul di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (31/3) siang. Peserta aksi tidak bisa mendekat ke Istana Kepresidenan karena polisi memasang pagar kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat, dekat Gedung Kementerian Pariwisata.

Selain dipasang pagar kawat berduri, Jalan Medan Merdeka Barat juga dijaga ketat polisi dan polwan. Akses menuju Istana Kepresidenan tersebut steril dari massa.

Massa aksi 313 bergerak dari Istiqlal melalui Jalan Medan Merdeka Timur dan berlanjut ke Jalan Medan Merdeka Selatan akhirnya berkumpul di Bundaran Patung Kuda, sekitar Kawasan Monas tersebut.

"Yang masih berjalan dari Masjid Istiqlal silakan berkumpul ke arah Sarinah, Jalan MH Thamrin," ujar seorang koordinator aksi dari atas mobil komando.

Hingga pukul 14.15 WIB, koordinator massa aksi 313 masih berorasi. Mayoritas massa aksi 313 mengenakan pakaian berwarna putih. Di lokasi aksi juga terlihat banyak orang yang membawa bendera organisasi masyarakat.

Peserta aksi 313 meminta Presiden Joko Widodo memberhentikan Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena menjadi terdakwa kasus dugaan penodaan agama.

Polisi melarang massa berorasi di depan Istana Kemerdekaan. Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyatakan, ada alasan teknis massa tak boleh berorasi di depan Istana Merdeka. Menurutnya, Jalan Medan Merdeka Barat terlalu sempit untuk menampung banyak massa.

(Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru