Mau beli mobil, warga DKI wajib sertakan surat kepemilikan garasi

Senin, 13 Januari 2020 | 10:52 WIB Sumber: Kompas.com
Mau beli mobil, warga DKI wajib sertakan surat kepemilikan garasi

ILUSTRASI. Warga melintas di samping kendaraan yang terparkir di jalan Bahari, Jakarta.


KEBIJAKAN DKI - JAKARTA. Menyusul Depok, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (DKI), juga akan mengetatkan kembali aturan wajib punya garasi bagi warganya yang untuk membeli mobil baru. 

Regulasi yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah ( Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi ini, sebelumnya juga sudah pernah ramai digencarkan ketika era kepemimpinan Gubernur Djarot Saiful Hidayat di 2017 silam. 

Baca Juga: Pemilik mobil tidak mempunyai garasi, pemerintah kota Depok bakal kenakan denda

Kepala Dishub DKI Jakarta Sayfrin Liputo, menjelaskan bila pihaknya akan menggandeng Badan Pajak dan Retribusi Daerah ( BPRD) serta kepolisian untuk menangani masalah kewajiban memiliki lahan parkir atau garasi. 

"Kami sedang mendetailkan regulasinya mengikuti yang tertuang di Perda. Contoh yang saat ini akan kami kerjakan adalah menggandeng kelurahan setempat, jadi bila ada warga yang mau membeli mobil baru, itu wajib dan harus menyertakan surat pengantar yang menyatakan dia punya parkiran," kata Syafrin kepada Kompas.com, Minggu (12/1). 

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan bila nanti BPRD juga akan berkoordinasi dengan instansi lain, seperti pihak pembiayaan atau bahkan diler. 

Gunanya untuk menambahkan syarat wajib menyertakan surat pengantar memiliki garasi bagi warganya yang akan melakukan pembelian mobil baru. 

Bila tidak ada surat pengantar dari kelurahan yang menyatakan pemohon memiliki lahan parkir atau garasi, menurut Syafrin bisa saja nantinya tidak akan diproses dari pihak pembiayaannya. 

"Skema rencananya seperti itu nanti, karena hal itu juga sudah tertuang dalam Perada pada ayat 3 yang mengatakan bila setiap orang atau badan usaha yang membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi yang dibuktikan melalui surat kepemilikan garasi dari kelurahan setempat," ucap Syafrin. 

Baca Juga: Siap-siap, bakal ada razia pajak kendaraan di Jakarta

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, sudah seharusnya bila warga DKI yang memiliki mobil pribadi juga memiliki lahan parkir atau garasi. 
Selain untuk keamanan, hal ini juga agar tak mengganggu pengguna jalan lain, apalagi bila sampai memarkirkan mobil di bahu jalan. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Beli Mobil, Warga DKI Wajib Sertakan Surat Punya Garasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru