Dorong Penggunaan Produk Sawit Berkelanjutan untuk Industri Pariwisata

Senin, 17 April 2023 | 21:25 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dorong Penggunaan Produk Sawit Berkelanjutan untuk Industri Pariwisata

Mendorong Penggunaan Produk Sawit Berkelanjutan untuk Industri Pariwisata


KELAPA SAWIT -  JAKARTA. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pimpinan Daerah (BPD) Yogyakarta berkomitmen menggunakan produk sawit berkelanjutan dalam acara "Buka Bersama" yang diadakan di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Centre. 

PHRI Yogyakarta bekerja sama dengan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) akan melakukan serangkaian kegiatan untuk mendorong penggunaan minyak sawit bersertifikat (certified sustainable palm oil - CSPO) pada sektor industri pariwisata di Yogyakarta, termasuk hotel dan restoran. 

Kegiatan tersebut meliputi peningkatan pemahaman dan kesadartahuan anggota PHRI Yogyakarta tentang CSPO, penggunaan produk CSPO RSPO, dan kampanye kepada konsumen terkait penggunaan produk CSPO.

Baca Juga: Petani Sawit Meminta Kebijakan DMO Direvisi

“Industri pariwisata Yogyakarta harus menjadi yang terdepan dalam hal keberlanjutan” ucap GKR Bendara, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY dalam siaran pers, Senin (17/4). 

PHRI Yogyakarta ingin menjadikan industri pariwisata di Yogyakarta sebagai yang terdepan dalam hal keberlanjutan, mengingat filosofi "Memayu Hayuning Bawana" yang dianut oleh masyarakat setempat, yaitu menjaga keharmonisan alam semesta dengan menjaga kelestarian alam. 

Dengan menggunakan produk sawit yang dihasilkan secara bertanggung jawab, PHRI Yogyakarta ingin mengimplementasikan falsafah hidup tersebut sekaligus mendukung kebijakan pemerintah daerah yang berwawasan lingkungan, sosial, dan kesejahteraan.

Perusahaan anggota PHRI Yogyakarta juga mengakui pentingnya mengedepankan aspek keberlanjutan sebagai keunggulan daya saing pariwisata Yogyakarta. 

Ketua PHRI Yogyakarta, Deddy Pranowo Eryono, menyatakan bahwa wisatawan domestik maupun mancanegara semakin sadar akan isu lingkungan dan keberlanjutan, dan mereka akan memilih produk yang menerapkan prinsip bisnis yang bertanggung jawab. 

Baca Juga: Usai Lebaran, Petani Sawit Minta Pemerintah Kembali Merelaksasi DMO Migor

Oleh karena itu, semakin banyak pihak yang terlibat dalam upaya menjadikan industri pariwisata berkelanjutan, semakin baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

PHRI adalah organisasi yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan sektor pariwisata, dan bertujuan untuk menciptakan iklim usaha yang menghargai pengusaha di bidang pariwisata seperti hotel, restoran, dan lembaga pendidikan pariwisata. 

RSPO Deputy Director Market Transformation, Mahatma Windrawan Inantha, mengapresiasi komitmen PHRI Yogyakarta dalam menggunakan produk sawit berkelanjutan dan mendukung upaya PHRI untuk meningkatkan keberlanjutan industri pariwisata di Yogyakarta. RSPO berperan sebagai mitra strategis PHRI Yogyakarta dalam mempromosikan industri pariwisata yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru