Moderator debat Pilkada DKI ada dua, siapa saja?

Selasa, 24 Januari 2017 | 14:24 WIB Sumber: Kompas.com
Moderator debat Pilkada DKI ada dua, siapa saja?


JAKARTA. Debat Pilkada DKI Jakarta 2017 memasuki putaran kedua. Kali ini akan ada dua moderator yang akan memimpin depat yakni Profesor Eko Prasodjo dan Tina Talisa.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, dalam debat calon gubernur ini moderator menjadi dua orang agar pendalaman materi lebih dalam lagi. Tina Talisa merupakan jurnalis yang pernah menjadi presenter di beberapa stasiun televisi. Sementara Eko Prasodjo merupakan Guru Besar Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Eko juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

KPU DKI Jakarta meminta moderator mendalami pertanyaan-pertanyaan yang disusun oleh tim panelis, khususnya Eko yang merupakan kalangan akademisi. Menurut Sumarno, kedua moderator yang dipilih merupakan orang yang netral.

"Sejauh informasi yang diterima KPU, kedua tokoh itu clear, tidak berpihak pada salah satu calon," ujar Sumarno di Kantor KPU DKI, Selasa (24/1). 

KPU DKI Jakarta juga akan menambah durasi debat kedua yang diselenggarakan Jumat (27/1) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, menjadi 120 menit, di luar tayangan iklan berdurasi 30 menit.

Dalam debat pertama, durasi debat hanya 90 menit dan iklan 30 menit. Penambahan durasi dilakukan agar ketiga pasangan cagub-cawagub DKI bisa menjelaskan program mereka lebih mendalam.

Debat kedua bertema reformasi birokrasi dan pelayanan publik, serta penataan kawasan perkotaan. Tema dalam debat kedua dinilai lebih spesifik dan diharapkan akan membuat ketiga pasangan calon lebih dalam mengeksplorasi penjelasan program yang mereka tawarkan.

Dengan demikian, para pemilih juga akan mengetahui gambaran yang lebih komprehensif terkait program para pasangan calon.

(Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru