Jabodetabek

Mulai pekan depan, RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng jadi RS rujukan Covid-19

Kamis, 03 September 2020 | 15:28 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai pekan depan, RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng jadi RS rujukan Covid-19

ILUSTRASI. Warga mengatre tes cepat pemeriksaan Covid-19 di RSUD Pasar Minggu, Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, dua rumah sakit umum daerah ( RSUD) di Jakarta akan dijadikan rumah sakit khusus untuk pasien Covid-19 mulai pekan depan.  

Kedua rumah sakit itu adalah RSUD Pasar Minggu di Jakarta Selatan dan RSUD Cengkareng di Jakarta Barat. 

Dengan demikian, dua rumah sakit itu tak melayani perawatan pasien yang bukan penderita Covid-19. 

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Jakarta terus bertambah, kapasitas RS rujukan hampir penuh

"Pekan depan (RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng) sudah tidak bisa menerima pasien umum atau non Covid-19," kata Widyastuti, Kamis (3/9). 

Widyastuti menjelaskan, pasien yang tidak penderita Covid-19 di kedua rumah sakit itu akan dipindahkan ke rumah sakit lain guna mendapatkan perawatan medis. 

"Terutama bagi pasien atau kasus tertentu yang membutuhkan layanan secara terus menerus karena tidak boleh putus. Ini kan harus kami lakukan proses pemindahan yang membutuhkan waktu tidak dalam waktu cepat, kami siapkan proses pemindahannya," ungkap Widyastuti. 

Pemprov DKI juga akan menggandeng rumah sakit swasta untuk dijadikan rumah sakit khusus pasien Covid-19. Meski demikian, Widyastuti belum menjelaskan rumah sakit mana saja yang akan dijadikan rumah sakit khusus Covid-19. 
Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah menyiapkan regulasi agar seluruh pasien Covid-19 bisa diisolasi di rumah sakit maupun tempat yang disediakan pemerintah. 

Dengan begitu, tidak akan ada isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 meski hanya bergejala ringan atau tanpa gejala. 

Pertimbangan peniadaan isolasi mandiri di rumah karena ditemukannya klaster rumah tangga. Fakta lainnya adalah ada pasien isolasi mandiri yang tidak melaksanakan prosedur dengan baik dan benar. 

Untuk itu, Pemprov DKI Jakart

Baca Juga: Jadi rujukan Covid-19, RSUD Pasar Minggu pindahkan sejumlah pasien lain

Tempat tidur bagi pasien Covid-19 di Jakarta saat ini telah terisi lebih dari 70%. Idealnya, kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan hanya terisi di bawah 60%.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng Jadi Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19 Mulai Pekan Depan"

Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru