Pasokan gula rafinasi di Jawa Timur diklaim aman

Kamis, 20 Mei 2021 | 19:46 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Pasokan gula rafinasi di Jawa Timur diklaim aman

ILUSTRASI. Tumpukan karung berisi gula rafinasi di gudang pendistribusian gula PT. Makassar Tene, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/6). KONTAN/Fransiskus Simbolon/28/06/2012


GULA RAFINASI - JAKARTA. Polemik soal pasokan gula rafinasi untuk kebutuhan industri di Jawa Timur mulai menemukan titik terang. Belum lama ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur menggelar pertemuan virtual yang dihadiri pelaku usaha dan para pemangku kebijakan. 

"Pertemuannya diinisiasi gubernur Jawa Timur (lewat Disperindag Jawa Timur). Hadir semua, Kemenperin, Kemendag, AGRI dan kami (APEI) sebagai pelaku industri," tutur Ketua Asosiasi Pesantren Entrepreneur Indonesia (APEI), Muhammad Zakki dalam keterangannya, Kamis (20/5).

Baca Juga: Cuaca besok di Jawa dan Bali: Denpasar berawan, Bandung hujan ringan

Ia melanjutkan, dalam pertemuan virtual tersebut diluruskan perihal informasi terkait pasokan gula rafinasi di Jawa Timur. 

"Saya harus luruskan berita yang sudah ada. Gula rafinasi itu tidak langka di Jawa Timur. Tetapi, gula itu harus diambil dari luar daerah sehingga itu berdampak pada high cost. Biaya transportasinya itu siapa yang tanggung. Ini yang menjadi persoalan," tutur dia. 

Ia menilai kondisi ini terjadi karena terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 tahun 2021 tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula dalam rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru