PDI-P resmi usung anak sulung Jokowi jadi calon wali kota Solo, ini kata pengamat

Jumat, 17 Juli 2020 | 15:22 WIB Sumber: TribunNews.com
PDI-P resmi usung anak sulung Jokowi jadi calon wali kota Solo, ini kata pengamat

ILUSTRASI. Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA


PARTAI POLITIK - JAKARTA. DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Gibran dipasangkan dengan Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota Solo.

Hal tersebut diumumkan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani di Kantor DPP PDIP secara virtual, Jumat (17/7/2020). "Provinsi Jawa Tengah di kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," kata Puan Maharani.

Baca Juga: Akhirnya PDI-P resmi usung Gibran-Teguh Prakosa di Pilkada Solo

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri para elite DPP PDI Perjuangan, termasuk Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Rencananya, Megawati akan memberikan arahan dalam pengumuman tahap kedua nama-nama 45 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 itu.

Kata Pengamat Politik

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka diprediksi akan memang telak dalam kontestasi pemilihan wali kota Solo pada Pilkada 9 Desember 2020. "90 persen Gibran akan menang," kata pengamat politik dari Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (17/7/2020).

Menurut Ujang, kemenangan untuk Gibran hanya menunggu waktu saja, karena dirinya merupakan anak Presiden Jokowi dan maju melalui PDIP yang mendapat suara mayoritas pemilih Solo. "Jadi soal kemenangan Gibran, hanya tinggal menunggu hari H saja," sambungnya.

Selain itu, Ujang menyebut kemenangan juga akan mudah diraih Gibran, setelah adanya pernyataan partai politik lainnya, baik koalisi pemerintah maupun oposisi turut mendukungnya. "Bisa jadi dan mungkin saja Gibran akan lawan kotak kosong. Ini memungkinkan sekali, karena hampir semua partai di Solo dukung Gibran," papar Ujang.

Dikabarkan, Gibran telah resmi diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Solo, berpasangan dengan Teguh Prakoso yang merupakan anggota DPRD Solo Fraksi PDIP.

Baca Juga: Anak sulung Jokowi yang akan diusung PDI-P di Pilwalkot Solo 2020?

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo membocorkan Gibran Rakabuming Raka dan Tegus Prakosa, mendapatkan rekomendasi Pilkada Solo dari PDIP Perjuangan. Pria yang juga menjabat Wali Kota Solo itu mengatakan, surat undangan terkait pengumuman rekomendasi telah ada digenggaman tangannya.

Menurut Rudy, Teguh Prakosa dan Gibran Rakabuming Raka juga turut mendapatkan surat undangan itu. "Yang diundang saya, sekretaris, wakil ketua bidang pemenangan pemilu, Teguh dan Gibran," kata Rudy, Kamis (17/7/2020).

"Pak Purnomo tidak diundang," imbuhnya.

Rudy menjelaskan bakal calon yang mendapatkan surat undangan DPD itu berpotensi besar mengantongi rekomendasi PDI Perjuangan. Namun, ia belum mau membeberkan secara gamblang komposisi calon kepala daerah yang diusung dalam kontestasi Pilkada Solo 2020. "Kira-kira yang mendapatkan rekomendasi itu, untuk posisinya di mana saya belum tahu," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "BREAKING NEWS: PDIP Resmi Usung Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa Untuk Pilkada Kota Solo"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru