Pelindo III dan ITDC peringati Kemerdekaan RI di Lombok

Jumat, 17 Agustus 2018 | 22:34 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Pelindo III dan ITDC peringati Kemerdekaan RI di Lombok

ILUSTRASI. Ilustrasi dana pendidikan, siswa sekolah dasar


PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memperingati HUT Ke-73 Republik Indonesia di Terminal Gilimas, Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/8) pagi.

Upacara ini diikuti oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, pegawai sejumlah instansi pemerintah daerah, serta dari BUMN dan BUMD setempat.

CEO Pelindo III Ari Askhara yang juga bertugas sebagai inspektur upacara menyampaikan perihal bencana alam yang melanda Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok.

“Bencana yang menimpa saudara kita di Lombok, tentunya seluruh rakyat Indonesia merasakan duka yang mendalam. Kita juga melihat seluruh elemen masyarakat Indonesia bergotong-royong hadir dengan memberikan bantuan,” paparnya melalui keterangan pers.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer juga mengatakan melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri, BUMN menunjukkan komitmennya untuk bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menumbuhkan rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia.

"Khususnya ketika sebagian dari bangsa ini menghadapi peristiwa sulit seperti bencana gempa di Lombok, NTB, ini,” terangnya.

Selain itu, dilaksanakan juga program Bina Lingkungan BUMN Hadir Untuk Negeri oleh Pelindo III dan ITDC.

Bantuan tersebut berupa pembangunan MCK sebanyak 50 bilik, 50 unit elektrifikasi rumah tangga, perbaikan jembatan, 250 paket sembako murah, beasiswa kepada masing-masing 5 orang dari SD, SMP, dan SMA senilai Rp 5 juta per siswa, perbaikan gedung SD, penyediaan 2 sarana air bersih, bedah rumah, dan pembuatan taman baca.

Kemudian ada juga penyaluran bantuan bencana korban gempa Lombok senilai Rp 120 juta berupa 200 buah selimut, 100 tikar, 25 tenda, 200 kardus mi instan, 300 kardus air mineral, 100 kardus biskuit, 200 kardus kopi, 26 kardus susu, 100 kilogram, serta penyiapan fasilitas dermaga untuk bongkar kargo dari luar, serta bersama KSOP melaksanakan penyiapan kapal untuk evakuasi pengungsi.

“Merayakan Peringatan Kemerdekaan HUT ke-73 RI bersama masyarakat menjadi momentum kepedulian BUMN yang hadir untuk turut membangun negeri, tidak hanya di bidang perekonomian, tetapi juga di bidang sosial. Sehingga manfaat kehadiran BUMN langsung dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia,” pungkas Vice President Corporate Communication Pelindo III, Lia Indi Agustiana, Jumat (17/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru