Pendaftaran cagub dibuka, KPU dijaga ketat polisi

Rabu, 21 September 2016 | 09:54 WIB Sumber: Kompas.com
Pendaftaran cagub dibuka, KPU dijaga ketat polisi


JAKARTA. Pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta mulai dibuka Rabu (21/9) ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Dwiyono mengatakan, pihaknya menerima informasi akan ada aksi yang dilakukan di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Untuk melakukan pengamanan, Dwiyono menyiagakan 360 anggota polisi.

"Ada agenda demo, kita fokus ke KPUD. Elemen masyarakat memberitahukan ke Polda, masih didalami intelijen. Mudah-mudahan bisa berjalan aman," ujar Dwiyono di Kantor KPU DKI, Rabu pagi.

Di samping informasi adanya aksi, Dwiyono mengimbau bakal pasangan cagub-cawagub untuk tidak membawa pendukung terlalu banyak saat mendaftar ke KPU DKI.

"Imbauan tidak bawa massa terlalu banyak, sesuai kesepakatan supaya aman, lancar, terkendali. KPUD tidak terlalu luas, kalau ada massa besar akan memacetkan, mengganggu masyarakat," kata dia.

Meski begitu, lanjut Dwiyono, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas jika banyak pendukung yang mengantar bakal pasangan calon ataupun ada aksi demo. Penerapan rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional.

Pantauan Kompas.com, para personel polisi sudah mulai berjaga di sekitar Kantor KPU DKI. Pos pengamanan Polres Metro Jakarta Pusat pun sudah didirikan di halaman Kantor KPU DKI.

Sementara itu, Ketua KPU DKI, Sumarno, mengatakan, petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat akan mendaftar pada Rabu siang, sekitar pukul 13.00 WIB. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru