Penerapan one way Cikampek-Semarang berlaku situasional

Senin, 03 Juni 2019 | 13:29 WIB Sumber: Kompas.com
Penerapan one way Cikampek-Semarang berlaku situasional


MUDIK LEBARAN - CIKOPO. Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), kembali menerapkan sistem satu arah di Gerbang Tol Cikampek Utama pada Km 70 hingga Km 414 Kalikangkung. Berlanjutnya penerapan one way ini karena volume kendaraan pemudik di ruas tol Jakarta-Cikampek masih tinggi.

"Kami buka dari 06.25 WIB tadi karena memang masih tinggi pemudik di hari ini (3/6). Kami terapkan lebih panjang dari sebelumnya yang semula berhenti di Brebes Barat diperpanjang sampai Km 414 Kalikangkung, Semarang. Alasannya lebih karena space di sana cukup luas untuk manuver," ujar Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur kepada Kompas.com di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin (3/6).

Menurut Bakti, berdasarkan data masih sekitar 93.000 kendaraan yang belum keluar meninggalkan Jakarta. Dengan adanya penerapan one way yang dilanjutkan hingga hari ini, diharapkan semua bisa selesai lebih cepat.

Lebih lanjut, Bakti menjelaskan rekayasa lalu lintas satu arah kali ini dibuka tanpa ada penerapan contraflow karena kondisi jalan juga cukup lenggang. Rata-rata kecepatan kendaraan pun masih bisa berjalan 60 kpj. "Data terakhir 93.000 kendaraan, itu hanya jumlah yang untuk lewat GT Cikarang Utama, belum yang Selatan dan lain-lain. Konsentrasi sejak dibuka Trans Jawa memang lebih ke sini dibanding lewat jalur Selatan, porsinya bisa 70%," ujar Bakti.

Sementara itu Kepala Induk PJR Jakarta-Cikampek Mabes Polri AKP Stanly Sosialisa, menjelaskan kondisi lalu lintas dari titik nol Jakarta (Halim) sampai Cikampek Utama cenderung ramai lancar sejak subuh tadi. Stanly juga mengatakan bila sampai siang kondisi normal, maka rekayasa lalu lintas satu arah bisa dihentikan.

"Kami tetap situasional, tapi memang kecenderungannya lancar dengan tingkat kecepatan cukup tinggi dari Jakarta. Bila siang nanti masih situasi seperti itu, one way bisa dihentikan dan kita terapkan ke posisi normal, tapi itu nanti tergantung arahan dari Kakorlantas," ujar Stanly. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penerapan "One Way" Cikampek-Semarang Berlaku Situasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru