Penjualan avtur Pertamina di El Tari Kupang tumbuh 3,44% tahun lalu

Senin, 01 April 2019 | 08:05 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Penjualan avtur Pertamina di El Tari Kupang tumbuh 3,44% tahun lalu


AVTUR - KUPANG. PT Pertamina (Persero) mencatat adanya pertumbuhan penjualan avtur pada lima tahun terakhir di Depot Pengisian Pesawat Udara  (DPPU)  El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Yang mana pada tahun 2018 penjualan avtur mereka sebanyak 33,98 juta kiloliter (KL) naik 3,44% dari tahun 2017 sebanyak 32,85 juta KL. Sementara pada tahun 2016 mereka menorehkan penjualan avtur 26,59 KL, kemudian terjual 21,18 juta KL pada 2015, dan 15,86 juta KL pada 2014.

"Tren penjualan avtur pada lima tahun terakhir memang meningkat," ujar Head DPPU El Tari Kupang, Minggu (31/3).

Meski begitu, Kasiman mengaku saat ini terjadi tren penurunan penjualan avtur pada DPPU El Tari sejak September 2018.

Sebagai informasi mereka mendistribusikan avtur ke beberapa DPPU di wilayah NTT, antara lain DPPU Maumere, DPPU Ende, DPPU Tambolaka, DPPU Waingapu, dan DPPU Labuan Bajo.

Nah sekarang konsumsi rata-rata perhari menurun di setiap DPPU, tak terkecuali di DPPU El Tari. Kasiman menjelaskan biasanya konsumsi rata-rata per hari di Bandara El Tari Kupang mencapai 100 KL per hari, sekarang turun menjadi 70 KL per hari.

Selain di El Tari, merosotnya konsumsi avtur juga terjadi di Maumere, Ende, Waingapu, Tambolaka, bahkan di Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan.

Mengenai turunnya permintaan avtur ini, Unit Manager Communication & CSR MOR V Pertamina Rustam Aji menuturkan dalam pelayani pelanggan, mereka tergantung dari banyaknya jumlah penerbangan dari masing-masing maskapai.

"Tergantung dari jumlah penerbangan, maskapai mengurangi jumlah penerbangan," ungkapnya.

Adapun pelanggan mereka seperti Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Susi Air, Kalstar Air Transnusa Air, selain itu mereka juga melayani TNI serta POLRI dan pelanggan nonscedule flight.

Sedangkan untuk ketahanan stok avtur di El Tari ini bisa untuk bertahan sekitar 8 hingga 9 hari. DPPU El Tari memiliki 6 tangki dengan kapasitas masing-masing ada yang sebesar 500 KL, 100 KL, dan 4 tangki mempunyai kapasitas 50 KL. DPPU El Tari dipasok dari Terminal BBM Tenau. "Jarak dari DPPU kurang lebih 20 kl atau sekitar setengah jam," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru