Umum

Penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara cepat mengatasinya

Jumat, 30 Oktober 2020 | 13:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara cepat mengatasinya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala sebelah kanan. Biasanya, kondisi itu dibarengi dengan gejala lain, seperti mual, muntah, atau kelelahan. Selain mengetahui cara mengatasinya, Anda juga perlu memahami penyebab munculnya rasa sakit tersebut.

Saraf Bermasalah

Saraf yang bermasalah dan juga berhubungan dengan otak mampu menyebabkan rasa sakit yang hanya terasa pada kepala sebelah kanan. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa ada beberapa kondisi di mana rasa sakit tersebut muncul.

Pertama, sakit kepala bisa disebabkan karena neuralgia oksipital. Penyakit tersebut muncul karena adanya peradangan atau inflamasi saraf oksipital di otak. Tak hanya sakit kepala, kondisi itu juga menyebabkan Anda sensitif terhadap cahaya.

Kedua, sakit kepala di salah satu sisi juga bisa disebabkan oleh arteritis temporal di mana arteri di kepala dan leher meradang. Kondisi tersebut menyebabkan nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan rahang yang terasa sakit.

Baca Juga: Kepala sebelah kiri sakit? Ini penyebab dan cara menghilangkannya

Ketiga, trigeminal neuralgia juga bisa jadi alasan munculnya sakit kepala di salah satu bagian saja. Medical News Today mengatakan, kondisi tersebut menyebabkan rasa sakit di kepala dan wajah karena adanya gangguan pada saraf trigeminal di dasar otak.

Pengobatan

Mengonsumsi jenis obat tertentu bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Selain kondisi medis, sakit kepala sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh pengobatan yang sedang Anda jalani. Beberapa jenis obat yang mampu menyebabkan rasa sakit tersebut adalah ibuprofen, aspirin, dan acetaminophen.

Penyebab Lain

Kesehatan bagian tubuh lainnya juga berpengaruh pada rasa sakit yang terasa di kepala Anda. Resiko sakit kepala sebelah kanan akan meningkat saat Anda mengalami alergi, sinus, tumor, nyeri otot, atau jumlah gula darah yang meningkat secara tiba-tiba.

Baca Juga: Catat, inilah 6 makanan penyebab sakit kepala

Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa Anda atasi dengan cepat di rumah. Pertama, Anda bisa beristirahat, minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi, atau menggunakan kompres di leher atau punggung. Jika Anda sedang mengucir rambut, usahakan untuk mengikatnya terlalu kencang.

Anda juga bisa mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual di apotek. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tak menimbulkan masalah lainnya, ya. Selain itu, menghirup aroma terapi dan melatih pernapasan juga bisa dicoba agar tubuh lebih rileks dan sakit kepala mereda.

Selanjutnya: Cara membedakan sakit kepala tanda tumor otak dengan sakit kepala biasa

Editor: Belladina Biananda


Terbaru