Peringatan bahaya bagi penerbangan pesawat dari erupsi Gunung Tangkuban Parahu

Jumat, 26 Juli 2019 | 19:06 WIB Sumber: Kompas.com
Peringatan bahaya bagi penerbangan pesawat dari erupsi Gunung Tangkuban Parahu


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Gunung Tangkuban Parahu erupsi, Jumat (26/7).  PVMBG mengeluarkan peringatan bahaya bagi pesawat yang melintas di sekitar wilayah gunung atau Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA).

"Notifikasi VONA berwarna oranye mengindikasikan lontaran abu masih berada di bawah 1.000 kaki. Level ini dapat membahayakan penerbangan. VONA juga menyebutkan distribusi abu vulkanik mengarah ke timur laut dan selatan," ujar Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan tertulis, Jumat.

Baca Juga: Badan Geologi peringatkan bahaya terbang di wilayah Gunung Tangkuban Perahu

Erupsi gunung yang juga dikenal dengan Tangkuban Perahu ini juga membuat pemda setempat menutup objek wisata gunung tersebut. Distribusi abu teramati Di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mendapatkan informasi dari warga di Kecamatan Cisarua bahwa abu mengarah ke sana.

Baca Juga: Tangkuban Perahu bererupsi dengan tinggi kolom abu 200 meter

Sedangkan laporan dari BPBD, abu erupsi tidak terlihat dari kantor BPBD Bandung Barat yang berjarak 17 - 20 km dari gunung.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erupsi Tangkuban Parahu, Peringatan Bahaya Bagi Penerbangan Pesawat", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru