Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Resmi Dibuka

Minggu, 10 Juli 2022 | 08:15 WIB Sumber: Kompas.com
Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Resmi Dibuka

ILUSTRASI. Revitalisasi TIM: Pekerja beraktivitas di Gedung Panjang, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (29/6/2022).


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Kamis (7/7/2022). Mengutip unggahan akun Instagram Taman Ismail Marzuki @wajahbaru_tim dan Perpustakaan Jakarta @perpusjkt, gedung perpustakaan ini memiliki empat lantai dengan luas hampir satu hektar.

Perpustakaan Jakarta menyediakan ruang baca terbuka yang disesuaikan dengan berbagai karakter pengunjung. Di ruang baca, pengunjung bisa memilih duduk di kursi atau lesehan.

Selain itu, tersedia juga ruang baca privasi yang didesain khusus untuk pengunjung yang menyukai ketenangan karena masing-masing bilik disekat.

Perpustakaan Jakarta diklaim ramah anak karena menyediakan satu lantai khusus untuk keluarga dan anak-anak.

Dalam ruangan tersebut tersedia berbagai permainan peran anak, seperti peralatan dokter, insinyur dan masih banyak lagi. Tersedia pula sofa nyaman yang akan diletakkan di ruang laktasi. Tersedia pula ruang inklusi yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pengunjung difabel.

Di ruangan ini tersedia banyak buku braile dan komputer dengan sistem bahasa isyarat. Juga tersedia fasilitas unik lain seperti ruang podcast yang bisa digunakan secara gratis hingga silent piano.

Baca Juga: Perhatikan, Sejumlah Ruas Jalan Ini Ditutup Saat Pelaksanaan Shalat Idul Adha di JIS

Di sisi lain, Perpustakaan Jakarta memiliki fasad unik di sepanjang gedung yang menyerupai not balok lagu. Rupanya, di bagian jendela gedung panjang lantai 9-14 sengaja dirancang seperti not balok lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Andra Martin mengatakan, lagu tersebut memiliki makna bahwa bangsa Indonesia harus mencintai negaranya. Bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke Perpustakaan Jakarta, harus melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui perpustakaan.jakarta.go.id.

Perpustakaan ini buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB tanpa dipungut biaya. Namun untuk tanggal 9-10 Juli 2022 yang bertepatan dengan Iduladha, Perpustakaan Jakarta tutup.

Pengunjung tak perlu repot membawa kendaraan pribadi karena perpustakaan ini dekat dengan halte Transjakarta dan Stasiun Gondangdia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Resmi Dibuka, Ini Fasilitasnya"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru