Jabodetabek

Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhamaben terima kekalahan

Kamis, 10 Desember 2020 | 10:21 WIB Sumber: Kompas.com
Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhamaben terima kekalahan

ILUSTRASI. Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut dua, Siti Nur Azizah-Ruhamaben

KONTAN.CO.ID - TANGERANG SELATAN. Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut dua, Siti Nur Azizah - Ruhamaben, menerima kekalahannya dalam Pilkada Tangsel 2020.

Azizah mengatakan, dia dan pasangannya beserta tim pemenangan sudah memantau perkembangan proses pemungutan suara dan hasil sementara penghitungan perolehan suara.

"Kami semua sudah menyimak perkembangan dari detik ke detik untuk mendapatkan kesimpulan yang terbaik dari perhelatan Pilkada Tangsel pada tahun ini," ujar Azizah dlam tayangan di KompasTV, Kamis (10/12/2020).

Menurut Azizah, dia dan Ruhanaben belum beruntung untuk menduduki kursi wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan lewat kontestasi politik tahun ini.

Hal tersebut berdasarkan hasil real count maupun hitung cepat perolehan suara oleh sejumlah lembaga survei yang menyatakan Azizah - Ruhamaben berada di posisi terbawah dari tiga pasangan calon yang ada.

"Seperti yang dapat saudara-saudara saksikan terutama teman-teman media. Baik itu yang real count maupun yang Quick Count, keberuntungan sepertinya nampaknya belum berpihak kepada kami," kata Azizah.

Kendati demikian, Azizah dan Ruhamaben menyatakan masih akan menunggu hasil penghitungan suara resmi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil akhir hitung cepat atau quick count dua lembaga survei di Pilkada Tangsel 2020, Rabu kemarin, menunjukkan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul.

Sementara dua pasangan lain, yakni Muhamad-Saraswati Rahayu Djojohadikusumo (Sara) dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben berada di bawahnya. Dua lembaga tersebut, yakni Voxpol Center Research and Consulting dan Charta Politika Indonesia. Data masuk dua lembaga tersebut sudah 100 persen seperti ditayangkan Kompas TV.

Baca Juga: Inilah sorotan media internasional terhadap Pilkada 2020

Berikut rinciannya:

Voxpol Center Research and Consulting:

- Benyamin-Pilar meraih 41,95 persen suara

- Muhamad-Sara meraih 33,88 persen

- Azizah-Ruhamaben meraih 24,16 persen

Charta Politika Indonesia:

- Benyamin-Pilar meraih 40,25 persen

- Muhamad-Sara meraih 36,01 persen

- Azizah-Ruhamaben meraih 23,75 persen

Namun, kedua lembaga survei itu belum merilis margin of error hitung cepat itu. Hasil hitung cepat itu bukan hasil resmi.

KPU akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilkada. Sesuai jadwal, rekapitulasi dilakukan hingga 26 Desember 2020. (Tria Sutrisna)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Azizah-Ruhamaben Terima Kekalahan di Pilkada Tangsel 2020"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru