PSBB transisi, Dishub DKI siapkan jalur sepeda sementara sepanjang 14 kilometer

Kamis, 18 Juni 2020 | 10:28 WIB Sumber: Kompas.com
PSBB transisi, Dishub DKI siapkan jalur sepeda sementara sepanjang 14 kilometer


DKI JAKARTA - JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta menyiapkan jalur sepeda sementara (pop-up bike lane) sepanjang 14 kilometer di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin untuk kedua arahnya. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, jalur khusus sepeda tersebut disiapkan selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi dengan mengambil jalur kendaraan bermotor. 

Jalur sepeda dan kendaraan bermotor tersebut akan dibatasi menggunakan traffic cone. "Di koridor (Jalan) Sudirman-Thamrin, kami pisahkan jalur sementara, untuk (jalur) sepeda kami berada di jalur lalu lintas," kata Syafrin di fX Sudirman, Jakarta Pusat dalam rekaman yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (18/6). 

Baca Juga: Ikuti tren bersepeda, Anies ajak masyarakat sering-sering gowes

Lebih lanjut Syafrin, jalur sepeda sebelumnya ditempatkan di trotoar sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Kemudian, Dishub DKI memutuskan memisahkan jalur sepeda dan pejalan kaki dengan mengambil jalur kendaraan bermotor guna meminimalisir penularan Covid-19. 

"Perlu dipahami sekarang di (Jalan) Sudirman-Thamrin itu design kami, jalur sepeda ada di trotoar, jadi satu bagian dengan pejalan kaki. Untuk menekan penyebaran Covid-19, maka kami pisahkan jalurnya," ujar Syafrin. 

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, polisi menerapkan pembatasan waktu operasional pada jalur sepeda tersebut, yakni pukul 06.00-08.00 dan 16.00-18.00 pada Senin sampai Jumat. 

Sementara itu, jalur sepeda dioperasikan mulai pukul 06.00-10.00 dan 16.00-19.00 pada Sabtu dan Minggu. Dengan demikian, traffic cone pembatas jalur sepeda dan kendaraan bermotor selanjutnya akan dipinggirkan di luar waktu operasional. 

Baca Juga: Gowes semakin digemari di tengah pandemi, ini cara bersepeda aman dari corona

"Di sela-sela jam itu, maka pembatas pop-up bike line ini kemudian kami pinggirkan karena memang arus lalu lintas juga cukup deras," ujar Sambodo. 

Jalur sepeda sementara itu akan dievaluasi kembali setelah berakhirnya masa PSBB transisi di Jakarta. "Jadi ini memang tidak permanen. Bisa saja setelah PSBB selesai, pandemi ini selesai, kami akan evaluasi apakah jalur sepeda ini masih dibutuhkan atau tidak," ucap Sambodo. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB Transisi, Dishub DKI Siapkan Jalur Sepeda Sementara Sepanjang 14 Kilometer".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru