Resmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jokowi: Bisa Tampung 2.700 Kios

Kamis, 14 Desember 2023 | 13:34 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Resmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jokowi: Bisa Tampung 2.700 Kios

Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Bali, Rabu (1/2/2023).


AGENDA PRESIDEN - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, 14 Desember 2023. 

Menurutnya, pasar yang mulai dibangun sejak tahun 2021 tersebut merupakan pasar terbesar di Republik Indonesia. Di mana pasar tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar. 

Ia menyampaikan bahwa Pasar Among Tani mampu menampung hingga 2.700 kios dan los yang tertata rapi sebagai tempat untuk berdagang.

"Pasar Among Tani ini bisa menampung 2.700 kios dan los yang bisa semuanya digunakan untuk berdagang baik di zona basah, di zona kering maupun di zona makanan maupun kuliner. Saya melihat ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia ini," kata Jokowi dalam Peresmian Pasar Among Tani yang disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/12).

Baca Juga: Presiden Resmikan Sekaligus Tiga Terminal Tipe A

Jokowi berharap keberadaan Pasar Among Tani dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang di Kota Batu.

"Ini akan menjadi pasar yang bersih, pasar yang tertata rapi, tempat parkirnya juga sangat luas, sehingga kita harapkan pedagang makin laris, makin sejahtera," ujarnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Baru ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Kawasan Bromo – Tengger – Semeru serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan meningkatkan kualitas bangunan pasar sebagai pasar modern yang berbasis Bangunan Gedung Hijau. Selain itu juga dilakukan peningkatan kuantitas bangunan pasar dengan daya tampung 2.630 unit, terdiri dari 1.716 kios dan 914 los.

Baca Juga: Jokowi Mulai BLT El Nino, Selanjutnya Bisa Diambil di Kantor Pos

Pasar Induk Among Tani Kota Batu dibangun setinggi 3 lantai di atas lahan seluas 34.060 meter persegi dengan luas bangunan seluas 34.042 meter persegi. Untuk pembagian bangunannya lantai 1 sebagai zona basah, lantai 2 sebagai zona kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kuliner.

Anggaran pembangunan pasar bersumber dari APBN tahun 2021-2023 sebesar Rp 166,7 miliar yang digunakan untuk pembangunan secara menyeluruh bangunan utama pasar dan fasilitas penunjangnya seperti rumah pompa dan GWT, rumah gardu, kantor metrologi, pos security, TPS, saluran drainase, pagar keliling, dan lansekap. Pasar ini juga dilengkapi escalator, tangga darurat dan jalur pejalan kaki yang ramah difabel (ramp difabel).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru