Ridwan Kamil bawa kado investasi ke Jabar usai lawatan ke Inggris dan Swedia

Jumat, 02 Agustus 2019 | 15:52 WIB   Reporter: Azis Husaini
Ridwan Kamil bawa kado investasi ke Jabar usai lawatan ke Inggris dan Swedia


INVESTASI -JAKARTA. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjelaskan, kunjungannya selama 4 hari ke Inggris dan Swedia membawa hasil baik untuk masyarakat Jawa Barat.

Dari 26 agenda yang dihadirinya, beberapa agenda berhasil menciptakan kesepakatan penting. Contohnya, kesepakatan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dengan Plastic Energy asal Inggris.

Baca Juga: BKPM: Jawa Barat jadi lokasi investasi paling seksi di kuartal II 2019

Dalam kesepakatan itu dijelaskan, Plastic Energy akan membangun pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak di Bogor, Bekasi, Bandung, Cirebon dan Tasikmalaya dengan total investasi Rp 3 triliun.

"Sepakat bahwa di awal tahun 2020 akan membangun di lima lokasi pengolahan sampah plastik menjadi BBM, di Asia Tenggara belum ada dan kami berhasil yakinkan. Mereka hanya meminta perizinan dimudahkan," ucap Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Dengan begitu, jumlah sampah plastik di Jabar bisa berkurang, sehingga tidak ada lagi isu Jabar sebagai penyumbang terbesar sampah plastik ke laut.

Di Inggris, Gubernu Emil juga menghibahkan gamelan sunda, kacapi suling, angklung, degung, tarawangsa ke South Hill Park Bracnell. Di tempat yang sama, dia juga meresmikan sudut sunda sebagai komitmen untuk mengembangkan budaya Sunda.

Sementara itu di Swedia, pertemuan Ridwan dan perusahaan IKEA juga menghasilkan kesepakatan, yakni IKEA akan memasarkan produk-produk khas Jabar.

Editor: Azis Husaini

Terbaru