Ridwan usulkan nama Overpass Pelangi Antapani

Selasa, 24 Januari 2017 | 11:50 WIB Sumber: Antara
Ridwan usulkan nama Overpass Pelangi Antapani


BANDUNG. Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengusulkan nama untuk Jembatan Layang Antapani Kota Bandung yakni "Overpass Pelangi Antapani" yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla, Selasa (24/1).

"Kami mohon izin Pak Wapres karena abstrak maka kami akan menamainya 'Overpass Pelangi Antapani'. Namanya sesuai dengan keceriaan yang dihadirkan oleh 'overpass' ini," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada peresmian Overpass Antapani Kota Bandung.

Ia menuturkan, atas nama pribadi dan mewakili warga Kota Bandung dirinya menyampaikan terima kasih atas inovasi yang dihadirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah menghasilkan karya istimewa Overpass Antapani.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan mengapa Overpass Antapani Bandung tersebut harus diresmikan oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla.

"Ada yang namanya kenapa diresmikannya oleh Pak Wapres. Saya jelaskan di sini karena overpass ini menghadirkan inovasi di dalamnya yang akan mengubah wajah infrastruktur di Indonesia," kata dia.

Ia menuturkan teknologi-teknologi baru yang dihasilkan dalam pembangunan Overpass Antapani Bandung tersebut ialah memakai beton ringan yang bisa mengapung di air namun kekuatannya sama dengan beton konvensional.

"Karena memakai teknologi beton ringan maka waktu pembangunan Overpass Antapani ini hanya enam bulan saja. Biasanya flyover konvensional bisa satu tahu (pembangunan), tapi di sini kita diskon jadi enam bulan saja," kata dia.

Selain itu, lanjut Emil, inovasi dan teknologi yang dihadirkan dalam pembangunan Overpass Antapani tersebut juga berdampak pada hematnya biaya pembangunan.

"Dengan panjang yang sama biasanya biaya pembangunannya mencapai Rp100 miliar, tapi di sini cuma Rp35 miliar," kata dia.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru