Rute baru Jetstar akan dongkrak pariwisata Riau

Kamis, 10 Desember 2015 | 15:54 WIB Sumber: Antara
Rute baru Jetstar akan dongkrak pariwisata Riau


PEKANBARU. Rute baru maskapai penerbangan Jetstar Asia yakni Singapura-Pekanbaru sebanyak tiga kali sepekan diyakini bakal mampu mendongkrak kinerja pariwisata di Provinsi Riau.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di Pekanbaru, Kamis (10/12) mengatakan, kemajuan sebuah destinasi sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu di antaranya adalah konektivitas.

"Khusus untuk Indonesia sekitar 80% wisatawan masuk melalui pintu udara. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi adanya layanan baru yang dibuka oleh Jetstar yang menghubungkan Singapura dengan Pekanbaru," kata Pitana.

Ia menegaskan, bagi Indonesia, Singapura menempati posisi penting sebagai pasar utama pariwisata yang pada 2014 dengan catatan 1,6 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan diharapkan akan naik terus pada masa yang akan datang.

Apalagi, kata dia, pendatang dari Singapura diharapkan bukan saja merupakan warga negara itu melainkan para ekspatriat yang tinggal di negara tersebut berikut wisatawan yang berkunjung ke Singapura dan memperpanjang masa tinggalnya untuk menyeberang ke Indonesia.

"Kegembiraan ini semakin bertambah karena jalur yang dibuka menghubungkan Singapura dengan sebuah destinasi yang telatif baru di Indonesia yakni Riau yang sejalan dengan misi Kemenpar untuk menghubungkan Singapura dengan daerah-daerah di luar Bali atau membuat Bali-Bali di luar Bali," katanya.

Menurut dia, dengan adanya penerbangan dari Singapura ke Pekanbaru maka diharapkan Riau akan mampu terdongkrak kinerja pariwisatanya termasuk kunjungan wisatawannya bertambah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya rute ini ada tambahan aktivitas mancanegara karena salah satu kelemahan kita adalah kurangnya seat capacity dari luar negeri ke berbagai destinasi di Indonesia," kata Pitana.

Pada kesempatan itu hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmat Rachim, General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait, Head of Commercial Jetstar Asia Frances Lois, dan Chief Pilot Jetstar Asia yang melakukan inagural flight dari Singapura ke Pekanbaru Captain Ricard Doran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru