Sandiaga ingin kembangkan wisata halal di Jakarta

Kamis, 02 November 2017 | 11:11 WIB Sumber: Kompas.com
Sandiaga ingin kembangkan wisata halal di Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin mengembangkan halal tourism atau wisata halal di Jakarta. Dia akan menggandeng organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang diketuai Reza Artha untuk mendorong pemilik usaha pariwisata mengembangkan wisata halal itu.

"Bung Reza memberikan beberapa masukan mengenai halal tourism dan rencananya menggagas beberapa kegiatan berkaitan dengan program halal tourism," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/11).

Salah satu cara yang dilakukan adalah mendorong hotel-hotel biasa menjadi hotel syariah. Masyarakat Ekonomi Syariah juga akan bekerja sama dengan gerakan One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK OCE) untuk mendorong kegiatan perekonomian usaha kecil menengah (UKM).

"Kami justru ingin menjemput bola, mendorong mereka berinisiatif mengonversi kegiatannya untuk mendukung tourism secara keseluruhan pariwisata," kata Sandi.

Saat ini, Sandi menyebut ada beberapa hotel syariah di Jakarta, seperti Hotel Sofyan di Tebet dan Menteng serta beberapa hotel lain di Jakarta Timur. Dalam kesempatan yang sama, Reza menjelaskan perbedaan hotel syariah dan hotel pada umumnya.

"Bedanya ada pada operasional dan manajemennya. Artinya, hotel syariah dalam operasionalnya mengetengahkan pola-pola atau aturan-aturan yang sesuai dengan syariah," ucap Reza. (Nursita Sari)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Sandi Ingin Kembangkan "Halal Tourism" di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru