Satgas Tanggap Bencana BUMN Jatim kirimkan 9,9 ton oksigen untuk penanganan Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021 | 19:10 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Satgas Tanggap Bencana BUMN Jatim kirimkan 9,9 ton oksigen untuk penanganan Covid-19

Satgas Tanggap Bencana BUMN Jatim kirimkan oksigen untuk penanganan Covid-19.


COVID-19 - JAKARTA. Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur (Jatim) mengirimkan bantuan 9,9 ton oksigen medis kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk percepatan penanganan pasien Covid-19.

Secara simbolis bantuan diserahkan Direktur Utama Petrokimia Gresik sekaligus Ketua Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jatim, Dwi Satriyo Annurogo kepada Gubernur Jatim.

Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, bantuan ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong BUMN untuk membantu suplai oksigen di sejumlah daerah seiring lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Chandra Asri salurkan bantuan oksigen cair 210 ton bantu penanganan pasien Covid-19

“Petrokimia Gresik telah berkoordinasi dengan BUMN lainnya, baik yang berkantor pusat maupun memiliki kantor perwakilan di Jatim untuk membantu suplai oksigen melalui Pemprov Jatim, mengingat kebutuhannya sangat mendesak,” ujarnya.

Seperti diketahui, oksigen medis merupakan kebutuhan vital untuk penanganan pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat, terutama pasien dengan saturasi oksigen di bawah standar yang telah ditetapkan.

Mulai Agustus mendatang, Petrokimia Gresik akan mengoperasikan kembali unit produksi oksigen yang telah lama tidak beroperasi dengan kapasitas 23 ton liquid oksigen per hari untuk membantu suplai oksigen di Jatim.

Gubernur Jatim mengapresiasi inisiatif BUMN di wilayah Jatim dalam membantu penanganan pasien Covid-19 melalui bantuan oksigen ini.

Dia mengungkapkan bahwa Pemprov Jatim akan membuka layanan pengisian oksigen gratis di tiga titik bagi masyarakat yang sedang melakukan isoman maupun yang berada di ambulans.

Baca Juga: Agar ekonomi bisa tumbuh, pemerintah diminta optimalkan penanganan Covid-19

Dwi Satriyo menegaskan bahwa Petrokimia Gresik bersama anggota Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jatim akan terus berupaya membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19, dalam hal ini dengan mencari sumber oksigen sebanyak-banyaknya.

“Secara prinsip kami siap mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Jawa Timur pada khususnya dan di berbagai daerah pada umumnya,” tandas Dwi Satriyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru