Sebanyak 1.086 personil kepolisian disiagakan untuk amankan sidang Bahar bin Smith

Selasa, 05 Maret 2019 | 20:10 WIB Sumber: TribunNews.com
Sebanyak 1.086 personil kepolisian disiagakan untuk amankan sidang Bahar bin Smith


HUKUM - BANDUNG. Sebanyak 1.086 personil kepolisian akan disiagakan untuk mengamankan jalannya persidangan terdakwa penganiayaan dua remaja, Bahar bin Smith yang akan digelar di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/3). 

Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Dodi Prawiranegara mengatakan, tidak ada perbedaan pola pengamanan meski lokasi sidang Bahar diganti. Sebelum dipindahkan ke Gedung Perpusatakaan dan Arsip Kota Bandung, sidang Bahar digelar di Pengadilan Negeri Bandung. 

"Kita siapkan 1086 personil. Untuk pengamannya sama seperti kemarin kita bagi empat ring," ujar Dodi yang ditemui di Mapolrestabes Bandung, Kota Bandung, Selasa (5/3). Pola pengamanan dibagi empat ring. Hanya saja untuk di ring satu, pengamanan akan dipertebal mengingat banyaknya pintu masuk di gedung tersebut. 

Untuk ring dua, petugas akan ditempatkan di pintu masuk ruang sidang, ring tiga di area tempat sidang, sedangkan ring empat di jalur lalu lintas. "Ring satu dibagi menjadi empat bagian, karena pintu masuknya banyak jadi ada ring 1A, B, C dan D, itu yang jadi fokus pengamanan," katanya. 

Disinggung terkait kemungkinan adanya massa yang datang dalam sidang Bahar, Dodi mengatakan hal itu kemungkinan saja terjadi. Namun, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah massa yang datang nanti. 

Dodi mengimbau kepada massa yang akan datang untuk menjaga ketertiban saat sidang berlangsung. "Kita imbau ikuti proses hukum jangan ganggu ketertiban umum," katanya. 
Diberitakan sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad memindahkan sidang kasus penganiayaan dua pemuda oleh Bahar bin Smith yang semula di Pengadilan Negeri Bandung, dipindah ke Gedung Arsip Perpustakaan Kota Bandung. Pemindahan dilakukan agar tidak mengganggu persidangan lain. (Agie Permadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Pertebal Penjagaan Ring Satu di Lokasi Sidang Bahar bin Smith"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru