Jabodetabek

Tarif Gratis untuk Keliling Kota Depok, Ini Rute BisKita Trans Depok

Sabtu, 13 Juli 2024 | 12:20 WIB   Reporter: kompas.com
Tarif Gratis untuk Keliling Kota Depok, Ini Rute BisKita Trans Depok

ILUSTRASI. Biskita Trans Depok diresmikan oleh Kementerian Hubungan dan Dishub Depok pada pertengahan Juli 2024


Rute BisKita Trans Depok- TRANSPORTASI -Jakarta. Kabar gembira untuk warga Kota Depok, Jawa Barat. Dalam waktu dekat, warga bisa keliling Kota Depok seharian secara gratis menggunakan BisKita Trans Depok. 

BisKita Trans Depok adalah angkutan umum baru yang diluncurkan Pemkot Depok. Dengan BisKita Trans Depok, warga bisa kelilig dari terminal Depok hingga Stasiun LRT Harjamukti.

Pemerintah Kota Depok akan menggratiskan tarif Biskita Trans Depok selama enam bulan pertama beroperasi. Pemerintah berharap moda transportasi ini dapat menjadi solusi kemacetan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Depok Zamrowi mengatakan, digratiskannya tarif Biskita Trans Depok dilakukan demi menarik minat masyarakat, sekaligus memperkenalkan moda transportasi baru ini.

"Sambil kan kalau kita Rp 0 itu diharapkan minat warga naik dulu, menikmati dulu. Ini kan budaya baru, transportasi baru. Jadi ada banyak hal yang harus kita persiapkan," tutur Zamrowi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tarif ini akan mulai berlaku tepat setelah Biskita Trans Depok diresmikan oleh Kementerian Hubungan dan Dishub Depok pada pertengahan Juli 2024. "Kalau tanggal masih nunggu dari Kementerian, cuma perkiraannya di pertengahan Juli ini mulai bisa beroperasi," ungkap Zamrowi.

Baca Juga: Liburan Terjangkau di Yogakarta dengan KSPN DAMRI, Tarif Mulai Rp 11.600

Jadwal operasional dan rute Biskita Trans Depok

Adapun jadwal operasional Biskita Trans Depok akan dimulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB setiap hari. "Untuk jadwal sementara Biskita Trans Depok ini mulai jam 5 pagi sampai 9 malam," kata Zamrowi, seperti dikutip dari Antara (Minggu (7/7/2024).

Zamrowi mengatakan armada Biskita Trans Depok yang beroperasi ada 15 unit bus, dengan jeda waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk keberangkatan. "Waktu antara per unit 10 sampai 15 menit dan seterusnya," ujar dia.

Ia menambahkan rute Biskita Trans Depok sudah diatur, mulainya dari Terminal Depok sampai Stasiun LRT Harjamukti. "Rute Biskita Trans Depok mulai Terminal Depok, lalu melintasi Jalan Siliwangi, Tole Iskandar, Simpangan Depok, Jalan Raya Bogor, kemudian pintu Tol Cisalak, pintu Tol Cibubur, dan terakhir di Stasiun LRT Harjamukti," ujar Zamrowi.

Untuk tempat menurunkan dan menaikkan penumpang, Pemerintah Kota Depok dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menyiapkan tempat. Ada 44 titik dari rute Terminal Depok hingga Stasiun LRT Harjamukti.

Zamrowi menjelaskan jumlah 44 titik tempat pemberhentian dan menaikkan penumpang bus itu dua arah bentuknya ada yang halte dan berupa rambu. "Maksud dari 44 itu titik naik turun penumpang 2 arah. Bentuknya itu ada halte dan rambu," kata dia.

Lebih lanjut Zamrowi menjelaskan dalam pelaksanaan Buy the Service (BTS) ini Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membantu penambahan pembangunan empat halte dari delapan yang direncanakan. "Jumlah halte ini dapat berkurang atau bertambah disesuaikan kebutuhan," pungkasnya.

(Dinda Aulia Ramadhanty, Akhdi Martin Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gratis Selama 6 Bulan, Ini Rute dan Jadwal Operasional Biskita Trans Depok",  

 

Selanjutnya: Persyaratan & Cara Mengurus STR Seumur Hidup Dipermudah, Klik Satusehat.kemkes.go.id

Menarik Dibaca: 5 Keuntungan Traveling Buat Kesehatan, Bukan Cuma Bikin Happy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru