Peristiwa

Terus bertambah, kasus aktif Covid-19 di Bangkalan tertinggi se-Jawa Timur

Kamis, 10 Juni 2021 | 04:32 WIB Sumber: Kompas.com
Terus bertambah, kasus aktif Covid-19 di Bangkalan tertinggi se-Jawa Timur

ILUSTRASI. Pemkab Pamekasan memberlakukan penyekatan dan tes cepat antigen bagi pendatang yang akan masuk ke kabupaten itu, menyusul terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Bangkalan dalam dua pekan terakhir. ANTARA FOTO/Saiful Bahri

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Provinsi Jatim barus saja merekap total kasus aktif Covid-19 dari setiap daerah kabupaten kota yang ada di Jawa Timur pada hari Selasa (8/6/2021). 

Tercatat dari 38 kabupaten/kota di Jatim, Kabupaten Bangkalan berada diurutan pertama alias tertinggi kasus aktif Covid-19 yakni 190 kasus. Lonjakan kasus terus bertambah sejak sepekan terakhir. 

"Ya, karena kenaikan kasus baru dan kenaikan BOR yang signifikan muncul satu minggu ini, skor baru dihitung dan baru muncul," kata Juru bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril Al-Farabi, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu (9/6/2021). 

Saat ini, situasi Bangkalan telah berada zona oranye dengan zonasi resiko sedang, sebab ada satu kecamatan zona merah yaitu Arosbaya, dua kecamatan lainnya zona kuning (Kokop dan Konang) serta sisa 15 kecamatan zona oranye. 

Baca Juga: Kasus corona di Jatim meningkat, satgas Covid-19 minta penerapan 3T ditingkatkan

Kota Madiun, tercatat 156 kasus aktif Covid-19 dan berada di urutan kedua dari Bangkalan, sedangkan Kota Surabaya bearada diurutan ketiga dengan angka Kasus Covid-19 sebanyak 149 kasus. 

Jibril meminta agar seluruh masyarakat Jawa timur tetap waspada, kurangi mobilitas, hindari kerumunan serta tetap patuhi prokes. 

Baca Juga: Zona merah Covid-19 bertambah jadi 17 wilayah, pekan selanjutnya bisa naik lagi

"Bangkalan saat ini memang menjadi perhatian khusus. Semoga pandemi ini segera berlalu dan angka kasus Covid-19 di Jatim segera bisa teratasi, salam sehat," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Aktif Covid-19 di Bangkalan Tertinggi Se-Jatim"
Penulis : Kontributor Surabaya, Muchlis
Editor : Robertus Belarminus

 

Selanjutnya: Data Corona Indonesia, Senin (7/6): Tambah 6.993, total ada 1.863.031 kasus positif

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru