Tiga bendungan di Jawa Timur siap diresmikan tahun 2020, ini perinciannya

Kamis, 23 Januari 2020 | 10:55 WIB   Reporter: Handoyo
Tiga bendungan di Jawa Timur siap diresmikan tahun 2020, ini perinciannya

ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Dalam rangka meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Sumber Daya Air  ditargetkan untuk menyelesaikan pembangunan tiga bendungan di Provinsi Jawa Timur, yakni Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Tukul di Pacitan dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro. Ketiganya siap diisi (impounding) pada 2020. 

Di samping itu, pembangunan ketiga bendungan tersebut bertujuan untuk memenuhi misi ketahanan pangan dan ketahanan air. Ketiganya merupakan bagian dari pembangunan 65 bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional Pemerintah yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

Baca Juga: Pengadaan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus dan kawasan industri memudahkan investor

Ketiga bendungan di Jawa Timur tersebut merupakan bendungan multiguna yang berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air baku, sumber air daerah irigasi dan juga pembangkit listrik.

“Bendungan Bendo memiliki kapasitas cukup besar, bisa menampung 43,11 juta meter kubik air untuk suplai irigasi di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo seluas 7.800 hektare. Selain itu, bendungan ini bisa menyalurkan air baku sebesar 780 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 4 MW dan mereduksi banjir 490 meter kubik per detik,” ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono belum lama ini.

Bendungan Bendo dengan tinggi 71 meter ini dibangun mulai 2013 dan selesai pada 2020. Konstruksi dikerjakan oleh PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya dan PT Nindya Karya (KSO) dengan nilai kontrak Rp 709,4 miliar. 

Baca Juga: WIKA targetkan kontrak baru dari luar negeri capai Rp 5,7 triliun di tahun ini

Editor: Handoyo .

Terbaru