Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan, Jokowi Berharap Bisa Mempercepat Mobilitas

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:39 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan, Jokowi Berharap Bisa Mempercepat Mobilitas

ILUSTRASI. Tol Pekanbaru-Bangkinang


JALAN TOL - JAKARTA. Tol Pekanbaru-Bangkinang telah rampung dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adanya tol tersebut diharapkan mampu mempercepat mobilitas barang dan jasa.

Dengan adanya tol tersebut akan mempercepat mobilitas yang pada akhirnya meningkatkan daya saing produk di sana. Sehingga akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi di Riau.

Sebelumnya, waktu tempuh dari Pekanbaru ke Bangkinang sekitar 1,5 jam. Kini dengan adanya tol tersebut waktu tempuh terpangkas menjadi hanya sekitar setengah jam.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang Sepanjang 30,9 Km di Riau

"Dulu 1,5 jam, sekarang saya tadi kesini 23 menit. Artinya ada kecepatan. Kalau ada kecepatan ada mobilitas yang tinggi artinya daya saing produk meningkat. Produk di Kabupaten Kampar di Provinsi Riau. Larinya kemudian muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1).

Nantinya, jalan tol tersebut akan terus disambungkan dengan lingkar Pekanbaru. Sehingga ada akhirnya dari Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan tersambung terus hingga ke Padang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, ruas tol Pekanbaru-Bangkinang penting lantaran menjadi sirip pendukung jalan Trans Sumatra.

"Ini penting karena kita juga tahu antara Padang-Pekanbaru itu traffic-nya sangat tinggi. Dan kita perkirakan lalu lintas harian untuk transaksi itu diberikan sehingga 7.000 kendaraan per hari, relatif sangat tinggi bagi tol-tol di Sumatra," kata Danang.

Dengan adanya ruas tol Pekanbaru-Bangkinang akan mendorong tumbuhnya investasi. Terutama di sektor perkebunan, pertambangan dan industri turunannya di kawasan Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Dilintasi 1.278.000 Kendaraan Selama Momen Nataru

Selain itu juga akan mendukung pertumbuhan kawasan pariwisata Candi Muara Takus. Adanya tol juga akan memangkas waktu tempuh baik dari dan ke sektor industri pertambangan, perkebunan hingga pariwisata.

"Kalau tuntas selesai, kemudian dari Bangkinang ke Pangkalan juga udah selesai. dari 3 jam Pekanbaru ke Muara Takus itu bisa kita pangkas menjadi 1-1,5 jam saja yang itu akan menjadi pengungkit baru, pusat pertumbuhan baru di kawasan provinsi Riau," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru