Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Kemenhub

Senin, 17 Juli 2023 | 08:28 WIB Sumber: Kompas.com
Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Kemenhub

ILUSTRASI. Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek selama 17-20 Juli 2023 dihentikan sementara. KONTAN/Baihaki


UJI COBA LRT JABODEBEK - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek selama 17-20 Juli 2023 dihentikan sementara. Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. 

Hal ini dilakukan setelah DJKA melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7/2023). 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, penghentian sementara uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek tersebut agar dapat dilakukan perbaikan pada sistem LRT Jabodebek. 

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023). 

Guna memaksimalkan proses penyempurnaan sistem tersebut, Risal menyebut, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan undangan baik komunitas maupun masyarakat umum akan dihentikan sementara pada 17-20 Juli 2023. 

Baca Juga: Setelah Evaluasi, Uji Coba LRT Jabodebek Untuk Masyarakat Umum Dimulai 29 Juli

Adapun seharusnya uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek ini dilakukan pada 12 Juli-15 Agustus 2023 melalui dua tahap. 

Tahap pertama 12-26 Juli untuk undangan terbatas dari kementerian atau lembaga, jurnalis atau media, dan komunitas. 

Tahap kedua selama 27 Juli-15 Agustus untuk masyarakat umum yang sudah mendapat konfirmasi dari operator setelah mendaftar secara online 10 Juli lalu. 

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini, semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," ucapnya. 

Baca Juga: Masih Periode Uji Coba LRT Jabodebek, Siapkan Kartu Ini untuk Pembayaran Rp 1

Lebih lanjut Risal menyampaikan, setelah keseluruhan pembaharuan software selesai, pihaknya akan melakukan trial run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum. 

"Kami akan lakukan trial run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan uji coba operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Hentikan Sementara Uji Coba LRT Jabodebek"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru