Vaksinasi di Kalimantan Selatan baru 34%, Jokowi minta percepatan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:56 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Vaksinasi di Kalimantan Selatan baru 34%, Jokowi minta percepatan

Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10).


VAKSIN COVID-19 - BANJARMASIN. Presiden Joko Widodo meminta percepatan pelaksanaan vaksinasi virus corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi di Provinsi Kalimantan Selatan per 21 Oktober 2021 baru mencapai 34,37% untuk dosis pertama dan 20,53% untuk dosis kedua. Jokowi menargetkan angka vaksinasi nasional dapat mencapai 70% di akhir tahun.

"Akhir tahun ini, akhir Desember, kita berharap 70% warga sudah tervaksin. Tadi saya mendapatkan laporan dari Gubernur Kalimantan Selatan bahwa di provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan baru mencapai 33%,” ujar Jokowi saat meninjau vaksinasi di halaman RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kamis (21/10).

Pada kesempatan tersebut Jokowi menjamin ketersediaan stok vaksin Covid-19. Sehingga pemerintah daerah tak perlu khawatir mengenai ketersediaan vaksin.

"Tadi sudah saya sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi apabila stok habis segera menyampaikan ke pusat, ke Menkes atau ke saya. Akan kita kirim sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Baca Juga: Resmikan pabrik biodiesel, Jokowi tegaskan jangan ekspor bahan mentah

Selain di Kota Banjarmasin, terdapat 12 kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan yang juga melaksanakan vaksinasi bersamaan. Salah satu perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut menyebut bahwa pencapaian vaksinasi di kabupaten tersebut juga masih rendah.

"Target kami hari ini sebanyak 1.890, sampai sekarang tercapai 2.603 orang sudah suntik. Sehingga total pencapaian vaksinasi kami masih cukup rendah sekitar 23,08% sampai kemarin sore," ujar perwakilan dari Kabupaten Tanah Laut.

Senada, perwakilan dari Kabupaten Tapin juga mengungkapkan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten tersebut. Menurutnya, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Tapin baru mencapai 25,8%.

Meski demikian, sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan optimistis dapat mengejar target vaksinasi di akhir tahun ini. Salah satunya adalah Kota Banjarbaru.

“Insyaallah di bulan November sudah 70%, Pak Presiden,” ujar perwakilan dari Kota Banjarbaru.

Turut hadir dalam peninjauan vaksinasi yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

 

Selanjutnya: Bukan hanya nilai tambah, ini keutamaan pabrik biodiesel menurut Jokowi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru