16 Perusahaan Pertanian Ramaikan Job Fair yang Digelar Polbangtan Malang

Rabu, 28 September 2022 | 23:07 WIB   Reporter: Noverius Laoli
16 Perusahaan Pertanian Ramaikan Job Fair yang Digelar Polbangtan Malang

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo . 16 Perusahaan Pertanian Ramaikan Job Fair yang Digelar Polbangtan Malang .


KONTAN.CO.ID -  PASURUAN. Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur program Young Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar acara Job Fair.

Kegiatan Job Fair kali ini diselenggarakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disnaker Latihan Kerja Daerah (LKD) Balai Latihan Kerja (BLK) Rejoso Kabupaten Pasuruan, Rabu (28/9/2022). 

Kegiatan Job Fair menyedot perhatian 3.057 pendaftar online melalui Hello Work dengan peluang 421 lowongan [pekerjaan jabatan] dan 30 di antaranya bagi penyandang disabilitas pada 16 perusahaan swasta. 

Ada 16 perusahaan yang bergerak dibidang pertanian yang dihadirkan dalam Job Fair bertema 'YESS Programme PPIU Jawa Timur'. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya berlokasi di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang. 

Baca Juga: Rencana Ekspor 100.000 Ton Jagung Diharapkan Tak Ganggu Stok Nasional

Kegiatan Job Fair tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa generasi milenial dapat segera mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Terbukti dengan banyaknya pemuda dan pemudi yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pertanian membutuhkan SDM yang andal dan unggul. 

“Petani milenial harus siap menjadi pengusaha pertanian milenial yang kreatif, inovatif, professional, berdaya saing dan tentunya mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin," katanya dalam siaran pers, Rabu (28/9).

Menurut Dedi Nursyamsi, output dan tujuan pendidikan vokasi Kementan adalah menciptakan job seeker dan job creator, yaitu membentuk wirausaha muda pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha industri pertanian.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda mengatakan, Job Fair tahun ini menjadi pematik semangat seluruh stakeholder di Indonesia untuk menggelar Job Fair serupa.

Baca Juga: Mentan: Ketersediaan Pangan Mencukupi hingga Akhir Tahun

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Polbangtan Malang yang telah memberikan fasilitas dan telah menggelar event yang bertujuan memberikan ruang yang sama kepada penyandang disabilitas terhadap akses kehidupan yang layak melalui pasar kerja," katanya.

Ia mengaku animo pencari kerja sangat tinggi. Jumlah pendaftar lewat online melalui Hello Work mencapai 3.057 orang.

Program tersebut bertujuan untuk menciptakan enterpreneur muda alias petani milenial di Indonesia. Sehingga perusahaan yang berpartisipasi hanya yang memproduksi hasil-hasil pertanian ataupun perusahaan yang mensupport peralatan di bidang pertanian.

Sementara Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menjelaskan bahwa Job Fair merupakan salah satu wadah untuk mempertemukan job seeker dengan perusahaan. Ia pun mengharapkan dapat terjadi link and match dari kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru